Breaking News:

Kenya Akan Buka Kantor Kedutaan Besar di Jakarta Tahun Ini

Pemerintah Kenya akan membuka kantor Kedutaan Besarnya di Jakarta, Indonesia pada tahun ini.

KBRI Nairobi
Peringatan ASEAN Day ke-54 yang dilaksanakan di Kedutaan Besar RI Nairobi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, NAIROBI -- Pemerintah Kenya akan membuka kantor Kedutaan Besarnya di Jakarta, Indonesia pada tahun ini.

Hal ini disampaikan Menlu Kenya, Raychelle Omamo lewat pesan tertulis yang dibacakan Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Kenya, Arthur Andambi pada kegiatan peringatan ASEAN Day ke-54 yang dilaksanakan di Kedutaan Besar RI Nairobi.

Dubes RI Nairobi, Dr. Mohamad Hery Saripudin, selaku ketua ASEAN Nairobi Committee (ANC) menyampaikan bahwa ASEAN, khususnya Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Kenya.

Baca juga: Kegalauan AC Milan soal Franck Kessie dan Kuartet Toko Besi yang di Ambang Kenyataan

Ia berujar keberhasilan ASEAN dalam meningkatkan perdamaian, pertumbuhan ekonomi, dan kemajuan di bidang sosial dan budaya di Asia Tenggara telah menarik minat Kenya untuk semakin mempererat hubungan.

“ASEAN telah konsisten dalam upaya memperkuat hubungan dengan negara mitra melalui berbagai mekanisme yang dipimpin oleh ASEAN,” kata Dubes RI, Senin (23/8/2021).

Kehadiran ASEAN dianggap telah mampu mentransformasi peta politik di Kawasan Asia Tenggara.

Baca juga: Mengenal Trio Luwes Idaman Chelsea - Kumpulan Striker Haus Gol & Mimpi Tuchel jadi Kenyataan

Sebelum berdirinya ASEAN, Kawasan Asia Tenggara diliputi oleh politik kekuatan perang dingin, dengan konfrontasi dan pengaruh kuat dari negara-negara di luar kawasan.

Setelah ASEAN didirikan pada tahun 1967 melalui Deklarasi Bangkok, secara bertahap, Asia Tenggara menjadi kawasan yang semakin stabil, dengan potensi konflik yang semakin diredam dengan dialog.

Vietnam, Indonesia, Thailand, dan Malaysia merupakan beberapa negara ASEAN yang mencatat pertumbuhan ekonomi yang baik, dengan rata-rata di atas 5 persen per tahunnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved