Breaking News:

Jadwal Pemilihan Umum Nasional Jepang 17 Oktober 2021 dan Partai Liberal Demokrat

Pemilihan nasional Jepang memilih anggota majelis rendah, dilakukan 17 Oktober 2021.

Richard Susilo
Skenario kemungkinan Jadwal pemilu nasional Jepang dan pemilu LDP. Parlemen dibubarkan barulah pemilu nasional tanpa ada pemilu LDP dulu (kanan). Bagian kiri adalah sebaliknya. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Pemilihan nasional Jepang memilih anggota majelis rendah, dilakukan 17 Oktober 2021.

Namun pemilu internal partai berkuasa Demokrat Liberal (LDP) masih belum ada keputusan dan memunculkan pro dan kontra di dalam LDP.

"Pemilu internal LDP harus dilakukan sebelum pemilu nasional," tekan mantan PM Jepang Shinzo Abe 31 Agustus lalu.

Sedangkan menteri lingkungan hidup Shinjiro Koizumi juga seiring dengan Abe dalam pendapatnya.

"Tidak bisa. Pemilu nasional harus dilakukan setelah pemilihan Ketua LDP. Tidak bisa terbalik itu. Hancur nanti kredibilitas LDP di muka masyarakat," tekannya 31 Agustus  sambil jalan ke rumah kediaman PM Jepang  saat ditanya pers.

Dengan demikian ada dua skenario mengenai pemilu nasional di Jepang. Pertama kalau parlemen tidak dibubarkan dulu dan skenario kedua, kalau parlemen dibubarkan dulu (lihat gambar kanan).

Apabila parlemen tidak dibubarkan dulu maka kampanye pemilu LDP akan dimulai 17 September dan hasilnya ke luar, Pengurus Baru LDP tanggal 29 September 2021.

Mantan Sekretaris Jenderal LDP Shigeru Ishiba, Menteri Lingkungan Hidup Koizumi, dan Menteri Pendidikan dan  Ilmu Pengetahuan Koichi Hagiuda telah disebutkan sebagai wajah baru para eksekutif partai LDP yang memiliki kemungkinan tinggi.

Sedangkan Sekjen lama Toshihiro Nikai kemungkinan akan diganti karena terlalu lama 5 tahun, setelah pertemuan Senin 6 September 2021.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved