Breaking News:

Taro Kono Kemungkinan Besar Menjadi Presiden LDP Sekaligus PM Jepang ke-100

Dengan demikian calon Presiden LDP dan Calon PM Jepang ke-100 kemungkinan besar adalah Taro Kono.

Foto WBS
Menteri Negara Reformasi Regulasi ┬ásekaligus menteri Vaksinasi Taro Kono (kiri) bersama Shigeru Ishiba, Fumio Kishida dan Sanae Takaichi (kanan) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Mantan menteri pertahanan dan mantan Sekjen partai liberal demokrat (LDP)  Shigeru Ishiba kemarin dengan tegas mendukung Taro Kono sebagai calon Presiden LDP yang berarti Ishiba memutuskan tidak ikut dalam pemilihan Presiden LDP.

Dengan demikian calon Presiden LDP dan Calon PM Jepang ke-100 kemungkinan besar adalah Taro Kono.

Per hari Selasa ini (7/9/2021) calon resmi kini hanya 3 orang yang telah mendapat dukungan dari sedikitnya 20 anggota LDP yang juga anggota parlemen Jepang (syarat pemilu LDP),  yaitu Kono, Sanae Takaichi dan Fumio Kishida.

Kono pun dengan tegas  maju dalam pemilihan Presiden LDP. Meskipun kemarin 40 menit bertemu Wakil PM dan Ketua Faksi Aso, Taro Aso, ke luar dengan tanpa komentar keduanya.

Diduga Aso tidak mendukung Kono.

"Namun dengan berhentinya Ishiba dan dukungan Ishiba ke Kono, dipastikan PM Jepang ke-100 bakalan Taro Kono kalau melihat saat ini. Apalagi popularitas Kono tinggi sekali saat ini," papar politisi senior Jepang kemarin (6/9/2021) kepada Tribunnews.com.

Yomiuri Shimbun melakukan jajak pendapat melalui telepon (1142 responden) pada tanggal 4 - 5 September 2021, dan sebagai hasil dari menanyakan politisi yang cocok untuk perdana menteri berikutnya, dilaporkan pada tanggal 6 September bahwa menteri reformasi administrasi Kono menerima dukungan tertinggi sebesar 23% dukungan.

Mantan Sekretaris Jenderal Shigeru Ishiba mengejar 21%, selisih dua poin. Namun kini ishiba sudah jelas tidak ikut dalam pemilihan dan memberikan suaranya kepada Kono, membuat popularitas Kono semakin tinggi.

Mantan ketua politik  LDP Fumio Kishida, yang telah menyatakan bahwa dia akan mencalonkan diri untuk pemilihan presiden LDP, berada di urutan ketiga dengan 12%.

Halaman
123
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved