Breaking News:

Virus Corona

Sempat Tegang Gara-gara LCS, China Janjikan 3 Juta Dosis Vaksin untuk Vietnam

Janji Wang Yi itu muncul di tengah penerapan sistem penguncian (lockdown) yang diberlakukan pemerintah Vietnam untuk menahan lonjakan kasus Covid-19

Tribunnews.com/ Larasati Dyah Utami
Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI), Retno Marsudi menerima kunjungan Menlu Tiongkok (RRT), Wang Yi di Gedung Pancasila, Jakarta, pada Selasa (13/1/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, HANOI - Pemerintah China berencana untuk menyumbangkan 3 juta dosis vaksin virus corona (Covid-19) ke Vietnam.

Hal ini dikatakan Menteri Luar Negeri (Menlu) China,  Wang Yi Sabtu kemarin, saat dirinya mengakhiri kunjungan kerja ke ibu kota Vietnam, Hanoi.

Dikutip dari laman AP News, Minggu (12/9/2021), janji Wang Yi itu muncul di tengah penerapan sistem penguncian (lockdown) yang diberlakukan pemerintah Vietnam untuk menahan lonjakan kasus Covid-19.

Saat ini sekitar 23 juta siswa di negara itu telah memulai tahun ajaran baru pada awal minggu ini, namun mayoritas melakukan proses belajar mengajar secara virtual.

Perdana Menteri (PM) Vietnam Pham Minh Chinh pun mengatakan pada hari Sabtu kemarin bahwa untuk menangani dampak pandemi ini, kedua negara harus menggunakan dialog untuk menyelesaikan perbedaan apapun.

Baca juga: Perusahaan Tiongkok akan Bangun Pabrik Vaksin di Indonesia Pada 2022

Perlu diketahui, Vietnam sebelumnya telah menuduh China menghalangi kegiatan eksplorasi gasnya di Laut China Selatan (LCS), di mana China telah membangun beberapa pulau yang dilengkapi dengan landasan terbang dan instalasi militer.

Pada saat yang sama, Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi juga tengah berada di Hanoi.

Ia memiliki agenda penandatanganan kesepakatan yang memungkinkan Jepang untuk memberikan peralatan dan teknologi pertahanan kepada Vietnam.

Jepang dan Vietnam memang tengah memperkuat kerja sama militer di tengah kekhawatiran tentang meningkatnya pengaruh militer China di LCS.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved