Breaking News:

Seiko Noda Ikut Mencalonkan Diri, Disebut Bakal Mengubah Strategi Pemilihan Presiden LDP Jepang

Seiko Noda sangat antusias untuk mengamankan 20 calon yang dibutuhkan untuk mencalonkan diri pada menit terakhir.

Foto Mainichi
Seiko Noda (61), mantan Menteri Dalam Negeri Jepang dan mantan Menteri Urusan Konsumen Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Penjabat wakil Sekretaris Jenderal Partai Liberal Demokrat (LDP) Seiko Noda, mengumumkan dirinya akan mencalonkan diri pada pemilihan presiden LDP pada tanggal 16 September mendatang atau sehari sebelum pengumuman pemilihan presiden LDP.

Seiko Noda sangat antusias untuk mengamankan 20 calon yang dibutuhkan untuk mencalonkan diri pada menit terakhir.

Seorang anggota Diet (parlemen) yang dekat dengan mantan sekretaris jenderal Shigeru Ishiba, yang diharapkan dukungannya, menolak untuk bekerja sama, tetapi ada gerakan luas untuk menerima dukungan dari kamp-kamp lain.

"Dia hanya membuat anggota semakin bingung. Kita tetap hanya akan mendukung Taro Kono," papar sumber Tribunnews.com, Jumat (17/9/2021).

Ada spekulasi kubu lain bahwa mereka ingin membubarkan suara dengan mencalonkan Seiko Noda dan mengerem momentum Taro Kono--menteri yang membidangi vaksin--yang kini sudah berada di atas angin.

Seorang politisi berpengalaman yang menjabat sebagai petugas di kubu kandidat lain mengatakan Seiko Noda telah menunjukkan kesediaannya untuk mencalonkan diri dalam tiga pemilihan presiden terakhir.

"Tetapi dia telah meninggalkan semuanya karena dia tidak dapat mengumpulkan rekomendasi bersama karena pengaruh non-fraksi," ujarnya.

Baca juga: Seiko Hashimoto Pertimbangkan Opsi Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2021 Tanpa Penonton

Dalam pemilihan presiden LDP kali ini, tidak hanya anggota Diet yang terkait erat dengan Seiko Noda (seperti pemilihan pertama Dewan Perwakilan Rakyat dan pemilihan lokal Prefektur Gifu), tetapi juga faksi Nikai (Shishukai, 47 orang) dan faksi Takeshita (Heisei) yang tidak membuat calon sendiri. Anggota kelompok studi (52 anggota) menonjol.

"Kamp Noda awalnya bertujuan untuk menggabungkan faksi Ishiba (Suigetsu-kai, 17 orang) yang dipimpin oleh Ishiba, tetapi Ishiba mengumumkan pada tanggal 15 September bahwa dia tidak akan mencalonkan diri dan mendukung Kono. Di bawah permukaan, saya meminta pembantu saya untuk tidak mengalir ke kamp Noda," ujar dia.

Empat calon bakal meramaikan pemilihan Presiden Partai Liberal Demokrat (LDP). Fumio Kishida (atas, nomor dua dari kiri), Sanae Takaichi (atas no 3 dari kiri), Taro Kono (atas paling kanan). Bawah : Shinjiro Koixumi (paling kanan), Seiko Noda (no dua dari kiri).
Empat calon bakal meramaikan pemilihan Presiden Partai Liberal Demokrat (LDP). Fumio Kishida (atas, nomor dua dari kiri), Sanae Takaichi (atas no 3 dari kiri), Taro Kono (atas paling kanan). Bawah : Shinjiro Koixumi (paling kanan), Seiko Noda (no dua dari kiri). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)
Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved