Breaking News:

Fumio Kishida: Kalau Pembangkit Nuklir Dihentikan akan Mengancam Hubungan Luar Negeri Jepang

Taro Kono melihat masalah terbesar dengan pembangkit listrik tenaga nuklir saat ini adalah bahwa pembuangan limbah nuklir belum diputuskan.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Kandidat Presiden Partai Liberal Demokratik (LDP) Taro Kono, Fumio Kishida, Takaichi dan Seiko Noda (paling kanan) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kandidat Presiden Partai Liberal Demokrat (LDO) Taro Kono dengan tegas ingin agar pembangkit nuklir dihilangkan dan diganti dengan energi terbarukan.

Sedangkan mantan menteri luar negeri Fumio Kishida ingin pembangkit nuklir tetap ada. 

"Ada masalah dengan bahan bakar nuklir bekas, itu benar. Namun, jika siklus bahan bakar nuklir dihentikan, limbah nuklir tingkat tinggi yang dibuang oleh siklus bahan bakar nuklir akan tetap seperti apa adanya," papar Fumio Kishida dalam debat di klub wartawan Jepang, Sabtu (18/9/2021).

Saat diolah kembali, tambah Kishida, masa pengolahan sampah tersebut dikatakan 300 tahun.

"Di sisi lain, pengolahan langsung limbah nuklir tingkat tinggi dikatakan memakan waktu 100.000 tahun. Apa pendapat Anda tentang masalah pemrosesan ini?" tanya Kishida kepada kandidat lain Taro Kono.

"Jika siklus bahan bakar nuklir dihentikan, plutonium akan semakin menumpuk. Hal ini dapat menyebabkan masalah diplomatik Jepang dengan negara lain, termasuk perjanjian nuklir Jepang-AS. Dengan cara ini, saya pikir menghentikan siklus bahan bakar nuklir akan menyebabkan banyak masalah lain," tambah Kishida.

Penghentian pembangkit nuklir menurutnya dengan antisipasi pembuangan limbah nuklir yang tak mungkin dibuang di dalam negeri Jepang tetapi harus dibuang pula ke luar Jepang.

Dan hal itulah yang akan memunculkan masalah Jepang dengan negara lain.

Sementara Taro Kono melihat masalah terbesar dengan pembangkit listrik tenaga nuklir saat ini adalah bahwa pembuangan limbah nuklir belum diputuskan.

Baca juga: Perusahaan Pengumpul Kertas Bekas di Shizuoka Jepang Terbakar, Seorang Penghuninya Tewas

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved