Breaking News:

Yoshimi Matsuo Bantu Warga Asing di Jepang, Termasuk Konsultasi dalam Bahasa Indonesia

Matsuo berusaha mendukung penduduk asing di Jepang, mengenai kehidupan, perawatan medis, pencegahan bencana serta dukungan keuangan.

Foto Nagasaki Shimbun
Yoshimi Matsuo, Ketua NPO Treasures of The Planet yang berbasis di Kota Nagasaki. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Yoshimi Matsuo, Ketua NPO 'Treasures of The Planet' yang berbasis di Kota Nagasaki berinisiatif membantu warga asing yang ada di Jepang, termasuk konsultasi dalam bahasa Indonesia lewat situsnya universalaid.jp dalam 11 bahasa.

"Saya punya teman Indonesia nanti dia yang akan bantu kalau ada konsultasi dalam bahasa Indonesia. Kalau saya dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris," kata Matsuo yang mengaku tinggal selama 20 tahun di New York Amerika Serikat.

Matsuo berusaha mendukung penduduk asing di Jepang, mengenai kehidupan, perawatan medis, pencegahan bencana, dukungan keuangan, dalam 11 bahasa termasuk bahasa Indonesia.

"Pada awalnya isi situs tersebut diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dengan alat penerjemah, lalu dikoreksi oleh warga asing yang bersangkutan. Kita luncurkan portal itu sejak 1 Agustus 2021," kata dia.

Menurutnya, portal itu berisi hal-hal yang sesuai dengan perspektif orang asing yang ada di Jepang.

"Awalnya saya konsultasi dengan teman-teman yang ada di Universitas Nagasaki, warga negara mana saja yang ada di sana. Itu sebabnya memunculkan juga bahasa Indonesia," lanjut Matsuo kepada Tribunnews.com, Selasa (28/9/2021).

Isi portal dalam 11 bahasa: Jepang, Inggris, China, Korea, Vietnam, Nepal, Indonesia, Tagalog, Thailand, Malaysia, dan Spanyol.

Selain informasi kehidupan dasar seperti pajak, sistem asuransi, cara membuang sampah, dan utilitas seperti air dan listrik, juga disertakan informasi cara vaksinasi covid-19 dan kesiapsiagaan bencana.

"Kami juga menerima konsultasi melalui email atau telepon. Sebaiknya untuk orang Indonesia yang mau menyampaikan dalam bahasa Indonesia tulis dulu lewat email, nanti saya sampaikan ke teman orang Indonesia di sini dan akan kita balas," kata dia.

Treasures of The Planet didirikan pada tahun 2014 oleh Matsuo, yang memiliki pengalaman 20 tahun tinggal di Amerika Serikat.

Baca juga: Mantan Pejabat Kedubes Jepang di Indonesia, Ryo Nakamura Jadi Kepala Kepolisian Nagasaki

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved