Breaking News:

BREAKING NEWS! Fumio Kishida Terpilih Jadi Presiden LDP Sekaligus Perdana Menteri Jepang ke-100

Mantan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida terpilih sebagai Presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) yang sekaligus akan menjadi PM Jepang ke-100.

IST
Fumio Kishida, Presiden terpilih LDP yang baru, memberikan buket bunga kepada PM Jepang Yoshihide Suga (kiri). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Fumio Kishida, mantan Menteri Luar Negeri Jepang terpilih sebagai Presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) yang sekaligus akan menjadi PM Jepang ke-100 nantinya.

Putaran terakhir Kishida mendapatakn 257 dan Kono 170 suara.

"Terbukti habatsu (pengelompokan fraksi) di dalam LDP masih kental hingga kini. Kemenangan Kishida karena kekuatan pengaruh para senior politisi di dalam setiap fraksi yang ada di dalam LDP bukan karena popularitas masyarakat," papar seorang politisi LDP kepada Tribunnews.com, Rabu siang (29/9/2021).

Pada putaran pertama Kishida hanya menang satu suara 256 dan Taro Kono Menteri reformasi administrasi dan regulatori serta juga menteri vaksinasi Jepang itu mendapatkan 255 suara.

Sementara Sanae Takaichi nasionalis dan konservatif Jepang yang juga mantan menteri dalam negeri dan komunikasi Jepang mendapatkan  188 suara. Seiko Noda yang pejabat Sekretaris Jenderal LDP hanya mendapatkan 63 suara.

Baca juga: Dukungan untuk Taro Kono Menurun, Fumio Kishida Kemungkinan Jadi PM Jepang

Di putaran kedua yang menentukan, tampak sekali suara pendukung Takaichi lari ke Kishida dan pendukung Noda lari ke Kono, sehingga pada akhirnya Kishida memenangkan pemilihan Presiden LDP yang berakhir siang ini sekitar jam 3:30 waktu Jepang.

Baca juga: Fumio Kishida: Kalau Pembangkit Nuklir Dihentikan akan Mengancam Hubungan Luar Negeri Jepang

Pemilihan diadakan di sebuah hotel luks di Tokyo dimulai jam 13:00 waktu jepang dan dihadiri para anggota LDP yang juga anggota parlemen Jepang.

Pada putaran pertama, Kishida memiliki 146 suara parlemen dan 110 anggota partai, dengan total 256 suara . Sedangkan  Kono memiliki 86 suara untuk anggota parlemen dan 169 suara untuk anggota partai, dengan total 255 suara.

Baca juga: Fumio Kishida Perkenalkan Go To 2.0, Kandidat LDP Lain Bicara Soal Perkawinan Sejenis di Jepang

Takaichi memiliki 114 suara untuk anggota parlemen dan 74 suara untuk anggota partai, dengan total 188 suara.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved