Breaking News:

Seniman Manga Terkenal Jepang Meninggal Dunia, Pernah Munculkan Cerita Menteri Susi Pudjiastuti

Satu-satunya mangaka (seniman manga) terkenal Jepang yang pernah memuat cerita mengenai Menteri Susi Pudjiastuti mngebom kapal China, Takao Saito meni

Ist
Takao Saito (84) seniman terkenal Jepang pencipta Golgo-13 meninggal Rabu ini (29/9/2021) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Satu-satunya mangaka (seniman manga) terkenal Jepang yang pernah memuat cerita mengenai Menteri Susi Pudjiastuti mengebom kapal China, Takao Saito meninggal dunia dalam usia 84 tahun Jumat lalu (24/9/2021) karena sakit kanker pankreas.

Pemakaman hanya dilakukan kerabat saja Rabu ini (29/9/2021).

Saito adalah seorang seniman manga yang terkenal dengan karya-karyanya seperti novel grafis "Golgo 13", meninggal karena kanker pankreas 24 September lalu dalam usia 84 tahun.

Lahir di Prefektur Wakayama pada tahun 1945. Dibesarkan di prefektur Osaka, setelah lulus dari sekolah menengah pertama, mulai menggambar manga sambil berhasil menjadi penata rambut di bisnis keluarga, dan memulai debutnya dengan "Air Baron" dalam 30 tahun.

Awalnya, itu mendapatkan popularitas sebagai buku komik untuk toko buku sewaan.

Pindah ke Tokyo pada tahun 1933, dan mendirikan Saito Production dalam 35 tahun setelah membentuk "Gekiga Kobo" dengan teman-teman manga.

Menjungkirbalikkan akal sehat bahwa "manga digambar oleh satu orang", ia mendirikan sistem produksi dalam pembagian kerja.

"Golgo 13", yang menggambarkan penembak jitu dengan lengan manusia super, yang mulai diserialisasikan di sebuah majalah pada tahun 1943, menjadi hit dengan lebih dari 200 volume.

Karya tersebut juga telah dianimasikan dan dibuat menjadi film live-action. Ia membangun genre novel grafis dengan gayanya sendiri yang mengadopsi teknik film.

Seri "Onihei Hankachō" telah diserialisasikan selama lebih dari 20 tahun, dan seri "Inisiator Fujieda Umeyasu" telah diserialkan selama lebih dari 10 tahun. Karya lainnya termasuk "Survival," "Nosuke Tak Berguna," dan "Pemburu Bayangan."

Menerima Medali Pita Ungu pada tahun 2003 dan Orde Matahari Terbit pada tahun 2010.

Banyak politisi Jepang mengenal dan mengaguminya seperti Taro Aso Wakil PM Jepang / Menteri Keuangan dan Shigeru Ishiba, Mantan Sekjen partal demokrat liberal (LDP).

Saito setelah memunculkan manga dengan gambar menteri Susi ketika ingin diwawancarai Tribunnews.com merendah menolak halus dengan menyatakan sangat sibuk dan merasa menarik apa yang dilakukan menteri Susi tersebut sehingga dijadikan gambar komik oleh tim nya.

Rangkaian pemboman kapal China dengan gambar wajah Susi pula masuk ke dalam cerita Golgo-13 dan sejak itu nama Susi  semakin populer pula di Jepang khususnya bagi para politisi Jepang dan penggemar pembaca Golgo-13 yang jumlahnya puluhan juta orang.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved