Breaking News:

Max Jepang, Kereta Berkecepatan Tinggi Terbesar di Dunia Pensiun per 1 Oktober ini

Shinkansen Jepang seri E4 yang biasa dijuluki MAX (multi amenity express) merupakan kereta api berkecepatan tinggi terbesar dengan dua lantai, di duni

Richard Susilo
Tulisan selamat tinggal "Sayonara" pada kereta api Shinkansen Max yang beroperasi terakhir hari Jumat ini (1/10/2021). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYOShinkansen Jepang seri E4 yang biasa dijuluki MAX (multi amenity express) merupakan kereta api berkecepatan tinggi terbesar dengan dua lantai, di dunia, pensiun pada malam hari ini (1/10/2021).

"Satu-satunya Shinkansen dua lantai di Jepang yang beroperasi dengan Joetsu Shinkansen akan menyelesaikan operasinya malam ini (1/10/2021), dan banyak penggemar kereta api  mengunjungi Stasiun JR Takasaki di Prefektur Gunma, yang merupakan stasiun pemberhentian, dan pensiun dari pagi merasa sedih," papar Sasaki, petugas JR East operator MAX kepada Tribunnews.com Jumat (1/10/2021).

Kendaraan dua lantai "Seri E4" akan berhenti beroperasi  malam  hari kini, pensiun selamanya.

Dihentikan karena kerusakan peralatan di dalam kereta dan fakta bahwa kereta itu tidak mendukung operasi bebas hambatan. Dianggap kurang menguntungkan perusahaan.

"Seri E4" mulai beroperasi di Tohoku Shinkansen pada tahun 1997, dan telah berada di Joetsu Shinkansen sejak 2013, dan dijuluki "Max".

Dengan kapasitas maksimum 16 gerbong, penumpang 1634 orang telah mendukung perjalanan ke tempat kerja dan sekolah di wilayah metropolitan Tokyo, yang merupakan gerbong kereta berkecepatan tinggi terbesar di dunia.

Di Stasiun Takasaki, ada adegan di mana delapan gerbong disambung menjadi 16 gerbong, dan banyak orang enggan untuk pensiun dengan memotretnya.

Seorang pria berusia dua puluhan yang merupakan penggemar kereta api berkata, "Saya sangat kesepian. Hari ini saya ingin melakukan dua perjalanan pulang-pergi antara Tokyo dan Niigata dan mengingatnya."

Seorang remaja laki-laki berkata, “Saya menyukai kereta api. Saya menyukai kekuatan pesawat bersusun  ini dan pemandangan dari jendela kereta di lantai dua sangat cantik. Saya ingin mengucapkan terima kasih.” 

Kereta reguler Seri E4 di Stasiun Takasaki akan berhenti beroperasi pada penghujung hari ini  pukul 22:11 waktu Jepang  menuju Stasiun Tokyo.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved