Breaking News:

Jembatan Runtuh Pasokan Air Sekitar 60.000 Rumah Tangga Wakayama Jepang Terhenti

Jembatan runtuh di Wakayama Jepang sehingga  pasokan air untuk sekitar 60.000 rumah tangga di bagian utara Kota tersebut terhenti.

Foto NHK
Jembatan Kinokawa di prefektur Wakayama Jepang runtuh kemarin (3/10/2021). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Jembatan runtuh di Wakayama Jepang sehingga  pasokan air untuk sekitar 60.000 rumah tangga di bagian utara Kota tersebut terhenti.

“Pihak pemda Wakayama segera mengambil tindakan seperti meluncurkan truk air saat ini untuk memasok kebutuhan rakyat,” ungkap seorang pejabat Pemda Wakayama kepada Tribunnews.com Senin (4/10/2021).

Pada sore hari tanggal 3 Oktober seorang anggota staf yang mengunjungi survei lapangan mengkonfirmasi bahwa jembatan saluran air di atas "Kinokawa" di Kota Wakayama telah runtuh.

Jembatan yang panjangnya sekitar 500 meter dan memiliki dua pipa air dengan diameter sekitar 90 cm ini merupakan satu-satunya saluran suplai air keran dari instalasi penjernihan air di sisi selatan "Kinokawa" hingga sisi utara, dan  terletak di Kota Wakayama. Artinya sekitar 60.000 rumah tangga kehabisan air di utara.

Karena pengaruh ini, Dewan Pendidikan Kota telah memutuskan untuk menutup sementara sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di daerah-daerah di mana pasokan air terputus.

Di beberapa supermarket, air mineral dan botol teh PET sudah habis terjual .

Menurut pemerintah kota, jembatan itu dipasang pada tahun 1975 dan akan mencapai akhir masa pakainya tahun depan. Tidak ada kelainan yang ditemukan dalam inspeksi visual bulanan hingga bulan lalu.

Kota ini telah mendirikan markas penanggulangan dan sedang melanjutkan pekerjaan restorasi darurat, meminta dukungan dari pemerintah daerah lain di prefektur, dan segera menanggapi dengan mengirimkan truk air ke sekolah dan rumah sakit.

“Dibutuhkan air dalam jumlah besar. Truk air dikerahkan ke rumah sakit yang melakukan dialisis,” tambahnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved