Breaking News:

Yasuhide Nakamura, Dokter Jepang yang Membidani Buku Kesehatan Ibu dan Anak di Indonesia

Dr. Yasuhide Nakamura adalah dokter di belakang layar yang membidani munculnya Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang saat ini menyebar luas dan jutaa

Richard Susilo
Dr. Yasuhide Nakamura, dokter anak Jepang yang sempat tinggal 2 tahun di Medan Indonesia sejak 1988, lalu puluhan kali bolak balik ke Indonesia sampai dengan akhir 2019, memperkenalkan dan membidani buku kesehatan ibu dan anak (KIA) di Indonesia. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Dr. Yasuhide Nakamura adalah dokter di belakang layar yang membidani munculnya Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang saat ini menyebar luas dan jutaan buku telah miliki para ibu di Indonesia.

"Awalnya saya ke Medan dan menginap di sana 2 tahun dalam proyek yang dibuat JICA. Saya bersama isteri dan anak ke Indonesia," papar Nakamura khusus kepada Tribunnews.com kemarin (5/10/2021).

Lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Tokyo pada tahun 1977 dan lebih dari 20 tahun mengerjakan Buku Pegangan Ibu dan Anak yang berasal dari Jepang (muncul tahun 1948), memiliki kesan persahabatan dengan Marpaung di Medan.

"Dia banyak membantu saya di Medan dan mulai membuat buku KIA tersebut polanya disesuaikan situasi kondisi Sumatera Utara)," paparnya.

Lalu Buku KIA diakuinya baru berkembang setelah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Jawa Tengah, juga masih proyek JICA khususnya berkenalan dengan Andrian yang dianggap sangat banyak membantunya pula serta sempat latihan dan belajar ke Jepang mengenai Buku KIA Jepang.

"Dari Jepanglah dia mulai mengembangkan Buku KIA dan ternyata sekarang sengat menyebar luas sekali di Indonesia. Terbesar dari jenis buku KIA yang paling banyak disebarkan di dunia adalah di Indonesia. Ada 55 negara yang memiliki buku KIA tetapi Indonesia yang terbesar atau terbanyak penyebarannya."

Lalu apa perbedaan buku KIA Indonesia dengan Jepang?

"Basicnya pada awal adalah buku KIA dari Jepang. Namun buku yang di Jepang jauh banyak penjelasan tertulisnya. Sedangkan Buku KIA Indonesia banyak sekali gambar ilustrasinya. Itu terbaik menurut saya karena jadi mudah dimengerti semua orang," puji Nakamura atas buku KIA Indonesia.

Buku KIA Indonesia bahkan kini bisa di unduh PDF file lewat: https://kesga.kemkes.go.id/assets/file/pedoman/BUKU KIA REVISI 2020 LENGKAP.pdf

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved