Breaking News:

BREAKING NEWS Intelijen Irak Ciduk Sami Jasim al-Jaburi, Tangan Kanan Pemimpin ISIS

Sami Jasim Al-Jaburi kini dalam penahanan aparat keamanan Irak di suatu tempat yang dirahasiakan.

FILE AFP
Gerombolan bersenjata Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) saat masih menguasai kota-kota di Irak dan Suriah. 

TRIBUNNEWS.COM.COM, BAGHDAD – Badan Intelijen Irak menciduk Sami Jasim al-Jaburi , tangan kanan pemimpin ISIS yang telah ditewaskan, Abu Bakr Al Bagdadhy.

Al-Jaburi ditemukan dan ditangkap lewat operasi rumit di luar batas negara Irak. Negara lokasi Al-Jaburi ditangkap belum dipublikasikan. 

Informasi ini disampaikan Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhemi, Senin (11/10/2021) waktu Baghdad.

“Saat pasukan keamanan kita focus pada pengamanan Pemilu, rekan kami di intelijen sukses menyelesaikan operasi eksternal menangkap Sami Jasim,” kata Kadhemi.

Baca juga: BNPT: Terjadi Pergeseran Dukungan Kelompok Garis Keras dari ISIS ke Taliban

Baca juga: Pemilu Irak Pasca Reformasi Masih Dibayangi Kekuatan Lama

Pengumuman itu ditulis Al-Kadhemi di akun Twitternya yang telah terverifikasi.  Sami Jasim al-Jaburi masuk daftar buruan pemerintah AS.

Kepalanya dihargai $ 5 juta. Operasi penangkapan sosok yang dikenal sebagai pengendali keuangan ISIS, berlangsung beberapa hari lalu.

Al-Jaburi kini dalam penahanan aparat keamanan Irak di suatu tempat yang dirahasiakan.  Departemen Kehakiman AS yang merilis daftar buronan AS menyebut Al-Jaburi sebagai “menteri keuangan” ISIS.

Sebelum bergabung ISIS yang mendklarasikan kekhalifahan  Islam di Mosul, Irak, Al-Jaburi aktif di organisasi afiliasi Al Qaeda di Irak.

Sejak 2014, Al-Jaburi dan elemen ISIS aktif mengoperasikan gerakan penghancuran Irak dari selatan Mosul.

Ia mengendalikan distribusi keuangan dan mendapatkan pemasukan untuk ISIS dari penyelundupan minyak, penjualan barang kuno, dan bisnis sumber daya alam mineral lainnnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved