Breaking News:

Orang Kaya di Jepang Penghasilan 100 Juta Yen Setahun Hanya Ratusan Orang

Orang kaya di Jepang dengan penghasilan 100 juta yen per tahun atau lebih, malahan pajaknya semakin kecil.

Richard Susilo
Pajak penghasilan menurun apabila penghasilan 100 juta yen per tahun atau lebih di Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Orang kaya di Jepang dengan penghasilan 100 juta yen per tahun atau lebih, malahan pajaknya semakin kecil.

Jumlah orang kaya itu hanyalah ratusan orang jumlahnya di Jepang, tidak banyak.

"Benar. Pajak penghasilan yang berpenghasilan 100 juta yen atau lebih semakin menurun sesuai yang diungkapkan PM Jepang Fumio Kishida dalam sistim kapitalisme baru distribusi Jepang saat ini," papar Keiichi Kaya (52), ahli ekonomi Jepang, lulusan Universitas Tohoku yang pernah menjadi konsultan pemerintah Jepang, Senin (25/10/2021).

Meskipun demikian kaya melihat jumlah orang yang hanya ratusan tersebut tampaknya menjadi motivasi pula bagi pemerintah untuk meningkatkan jumlah orang kaya lebih lanjut di Jepang saat ini dengan sistim pajak penghasilan merendah apabila penghasilan 100 juta yen atau lebih per tahun.

Sementara tarif beban pajak penghasilan secara bertahap menurun, dan berada di kisaran 16% untuk orang yang melebihi 5 miliar yen.

Perdana Menteri Kishida mulai mendobrak "tembok 100 juta yen" ini dalam "buku kebijakan" untuk pemilihan presiden LDP.

Di latar belakang, tujuannya adalah untuk menciptakan lapisan tengah yang tebal (lebihbanyak lagi orang menjadi kaya) dengan meninjau metode distribusi kekayaan, yang akan mengarah pada penghapusan disparitas.

Alasan mengapa "dinding 100 juta yen" dibuat adalah karena mereka yang disebut orang kaya memiliki banyak pendapatan dari mengambil alih atau memperdagangkan saham.

Ini adalah "pajak penghasilan finansial", yang bukan sistem progresif di mana tarif pajak meningkat jika keuntungannya besar.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved