Breaking News:

Kunjungi Tiga Negara, Presiden Jokowi Lebih Memilih Carter Pesawat, Ini Alasannya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan lawatan ke tiga negara yakni Italia, Inggris Raya, dan Persatuan Emirat Arab.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
Foto: Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi dalam Kunjungan Kerja ke Tiga Negara 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan lawatan ke tiga negara yakni Italia, Inggris Raya, dan Persatuan Emirat Arab.

Dalam kunjungannya tersebut Jokowi tidak menggunakan Pesawat Kepresidenan.

Presiden dan rombongan lebih memilih carter pesawat yakni menggunakan pesawat berbadan lebar milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pemilihan pesawat maskapai nasional ini telah dipertimbangkan secara matang seperti pertimbangan efisiensi waktu, penghematan anggaran, dan juga protokol kesehatan.

“Dengan menggunakan pesawat berbadan lebar ini, perjalanan menuju Roma selama 13 jam ini bisa dilakukan langsung tanpa perlu transit," kata Heru di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, Jumat, (29/10/2021).

Baca juga: Ini Kegiatan Presiden Jokowi dalam Kunjungan Kerja ke Tiga Negara

Bila menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ, kata dia, maka penerbangan harus transit sebelum tiba di tempat tujuan.

Apabila transit maka protokol kesehatan harus dilakukan secara hati-hati, mengingat kunjungan ini merupakan yang pertama sejak Pandemi.

Pelaksanaan protokol kesehatan yang harus dilakukan yakni sterilisasi ruang tunggu, tes PCR untuk pramusaji di tempat transit, dan juga makanan dan minuman yang disajikan harus dipastikan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Hal lain yang menjadi pertimbangan, kata Heru yakni efisiensi anggaran. Semua menteri yang terlibat dalam kunjungan tersebut, dapat turut serta dalam rombongan pesawat yang ditumpangi Presiden.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved