Kapal Fregat Jerman Singgah di Tokyo, Perkuat Kerja Sama Kemanan dengan Jepang

Tujuan kehadiran kapal fregat Jerman Bayern adalah untuk mempromosikan dan memperkuat hubungan kerja sama dengan Jepang dalam hal keamanan.

Editor: Dewi Agustina
Foto NHK
Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi (kiri) dan Kapten Kapal Jerman di atas kapal militer Jerman Bayern. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sebuah fregat Angkatan Laut Jerman yang dikirim ke kawasan Indo-Pasifik singgah di Tokyo pada tanggal 5 November 2021. Ini adalah pertama kalinya terjadi sejak 20 tahun lalu kapal militer Jerman kembali memasuki Jepang.

Tujuan kehadiran kapal fregat Jerman Bayern adalah untuk mempromosikan dan memperkuat hubungan kerja sama dengan Jepang dalam hal keamanan.

Fregat Angkatan Laut Jerman "Bayern" berangkat dari Jerman pada bulan Agustus 2021 dan melakukan pelatihan bersama dengan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang di Samudera Pasifik dan daerah lainnya, dan singgah di "Tokyo International Cruise Terminal" di Koto-ku, Tokyo, Jumat (5/11/2021) sore.

Menurut Angkatan Laut Jerman, "Bavarian" akan tinggal di Tokyo hingga 12 November 2021.

Setelah itu berencana untuk berpartisipasi dalam pelatihan bersama yang melibatkan 20 kapal dari lima negara, termasuk Jepang dan Amerika Serikat.

"Kawasan Indo-Pasifik kini menjadi salah satu kawasan yang paling strategis dan penting, yang dapat membantu menjaga jalur transportasi laut tetap bebas dan terbuka," kata General Manager Bundeswehr Zorn.

Ia menekankan pentingnya penguatan kerja sama dengan Jepang.

Tahun lalu, Jerman menyusun pedoman diplomasi dan keamanan di kawasan Indo-Pasifik, dan mengumumkan kebijakan untuk memperkuat hubungan dengan Jepang dan negara-negara lain di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang langkah China untuk maju ke lautan.

Ini adalah pertama kalinya dalam sekitar 20 tahun kapal Angkatan Laut Jerman mengunjungi Jepang, dan bertujuan untuk mempromosikan kerja sama dengan Jepang dalam hal keamanan dan untuk menunjukkan kehadirannya di wilayah Asia.

Sebelum menelepon Tokyo, "Bavarian" melakukan pelatihan bersama dengan kapal pengawal Pasukan Bela Diri Maritim "Samidare" di laut selatan wilayah Kanto dari tanggal 4 hingga tanggal 5 November 2021.

Pasukan Bela Diri Maritim Jepang mengatakan, "Kami telah memperkuat kerja sama menuju realisasi Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

Ini adalah pelatihan ketiga antara "Bavarian" dan kapal pengawal Pasukan Bela Diri Maritim Jepang, setelah yang dilakukan pada bulan Agustus di Teluk Aden di lepas pantai Somalia, Afrika, dan pada bulan September pada bulan September berikutnya di bagian timur Samudera Hindia.

Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi (kiri) dan Kapten Kapal Jerman di atas kapal militer Jerman Bayern.
Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi (kiri) dan Kapten Kapal Jerman di atas kapal militer Jerman Bayern. (Foto NHK)

Menteri Pertahanan Nobuo Kishi mengunjungi terminal dan memeriksa dengan Inspektur Jenderal Angkatan Darat Federal, kelompok teratas dari kelompok seragam Jerman.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved