Breaking News:
BBC

Toko buku Israel tarik seluruh karya penulis Irlandia Sally Rooney dalam sengketa boikot

Dua jaringan toko buku dengan 200 cabang lebih di Israel menyatakan mereka menarik seluruh karya Sally Rooney setelah pengarang Irlandia itu

Dua dari toko buku terbesar Israel mengatakan tidak lagi menjual seluruh karya Sally Rooney, sesudah pengarang Irlandia itu menolak novel barunya diterjemahkan ke dalam Bahasa Ibrani, bahasa resmi Israel, oleh perusahaan penerbit Israel.

Toko buku Steimatzky dan Tzomet Sefarim mengatakan pada Kamis (04/11) bahwa buku-buku Rooney ditarik dari seluruh jaringan toko dan situs penjualan mereka. Kedua toko besar tersebut mempunyai lebih dari 200 toko di Israel.

"Jaringan Steimatzky adalah panggung literatur dan rumah yang hangat serta yang merangkul bagi seluruh karya literatur yang mencintai karya tulis." Demikian pernyataan pers Steimatzky.

Pemboikotan oleh jaringan toko buku Israel ini ditempuh setelah bulan lalu Rooney mengatakan ia menolak novelnya diterjemahkan oleh perusahaan Israel. Hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan memboikot Israel sehubungan dengan berbagai kebijakannya terhadap Palestina.

Dikatakan oleh penulis yang banyak dikagumi itu bahwa merupakan "kehormatan" jika novel terbarunya Beautiful World, Where Are You diterjemahkan ke Ibrani oleh perusahaan yang sikap politiknya sama dengannya.

Baca juga:

Seorang pejabat senior Israel mengatakan boikot terhadap Israel adalah bentuk antisemitisme.

Rooney sebelumnya terpaksa mengeluarkan pernyataan untuk menjernihkan tindakannya sesudah muncul tuduhan bahwa ia tidak mengizinkan novelnya diterjemahkan ke Bahasa Ibrani sama-sekali.

Tuduhan ini mencuat setelah Rooney dilaporkan menolak upaya penerbit Israel, Modan, untuk mendapatkan lisensi menerjemahkan karya barunya tersebut.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved