Presiden Duterte: Ada Pengguna Kokain di Antara Kandidat Pemilihan Presiden Filipina

Presiden Rodrigo Duterte mengatakan ada kandidat pemilihan presiden Filipina yang menjadi pengguna kokain, namun ia menolak menyebutkan namanya

Editor: hasanah samhudi
AFP
Presiden Filipina Rodrigo Duterte (kiri) mengangkat tangan senator Christopher 'Bong' Go setelah ia mengajukan pencalonannya sebagai presiden dalam pemilihan 2022 sebelum batas waktu 15 November di Komisi Pemilihan di Manila pada 13 November 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, MANILA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan bahwa ada kandidat pemilihan presiden tahun depan adalah pengguna kokain.

Duterte tidak menyebutkan nama kandidat tersebut. Ia juga tidak memberikan bukti yang mendukung tuduhannya. Ia hanya menyebut kandidat tersebut sebagai “pemimpin yang sangat lemah”.

"Kami memiliki kandidat yang menggunakan kokain," kata Duterte dalam pidatonya di provinsi Oriental Mindoro, Kamis (18/11/2021).

Puluhan orang telah mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan tahun depan. Duterte (76) sendiri tidak memenuhi syarat untuk dipilih kembali karena batasan satu periode konstitusi.

"Itulah sebabnya saya bertanya-tanya, 'Apa yang telah dilakukan orang ini? Kontribusi apa yang telah dia berikan untuk Filipina?" katanya.

Baca juga: Putri Presiden Duterte Jadi Cawapres Putra Marcos, Bakal Jadi Tim Kuat dan Diunggulkan

Baca juga: Presiden Duterte Calonkan Diri Jadi Anggota Senat Filipina 2022

"Mengapa orang Filipina gila mendukung... Saya hanya bertanya," kata Duterte, yang akan mencalonkan diri di senat tahun depan.

Dilansir dari The Straits Times, Reuters bertanya kepada juru bicara penjabat Duterte, Karlo Nograles, siapa yang dimaksud presiden dan apa rincian lebih lanjut, tetapi tidak mendapat tanggapan.

"Dia adalah pemimpin yang sangat lemah," kata Duterte yang blak-blakan tentang kandidat yang tidak disebutkan namanya.

"Dia mungkin menang telak. Jika itu yang diinginkan orang Filipina, silakan," katanya dalam pidato itu, dikonfirmasi oleh transkrip yang disediakan oleh kantornya.

"Saya tidak membuat intrik. Terserah Anda. Cari tahu siapa,” katanya.

Baca juga: Pengadilan Internasional Selidiki Duterte Atas Dugaan Kejahatan Terhadap Kemanusiaan

Baca juga: Dari Teman Jadi Lawan, Presiden Rodrigo Duterte: Manny Pacquiao Sampah Penuh Kebohongan

Dalam pidato yang sama, dia memuji pembantu lamanya dan calon penerus dukungannya, Christopher "Bong" Go.

Kandidat presiden terkemuka lainnya termasuk senator dan pensiunan ikon tinju Manny Pacquiao, Wakil Presiden Leni Robredo, Wali Kota Manila Francisco Domagoso, senator dan mantan kepala polisi Panfilio Lacson, dan Ferdinand Marcos Jr, putra mendiang diktator Filipina, yang pasangannya adalah cawapres. Putri Duterte, Sara Duterte-Carpio.

Duterte mengobarkan perang terhadap obat-obatan terlarang yang menewaskan ribuan pengedar dan pengguna.

Oktober lalu, Duterte menyatakan bertanggung jawab penuh atas kebijakannya memerangi narkoba yang telah menewaskan ribuan orang.

Halaman
12
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved