Breaking News:

Asisten Menlu Amerika Serikat Kunjungi ke Asia Tenggara, Bahas Kerja Sama hingga Junta Myanmar

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink akan melakukan rangkaian kunjungan ke Indonesia.

Editor: Wahyu Aji
MaxPixel's contributors
Ilustrasi Bendera Amerika Serikat. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Asia Timur dan Pasifik Daniel J. Kritenbrink akan melakukan rangkaian kunjungan ke negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kritenbrink akan melakukan perjalanan ke Jakarta, Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok mulai dari tanggal 27 November hingga 4 Desember 2021.

Hal ini diungkapkan Kedutaan Besar AS di Jakarta dalam pernyataannya pada Jumat (26/11/2021).

Disebutkan bahwa Kritenbrink akan menemui pejabat senior pemerintah negara-negara Asia Tenggara untuk bersekutu dalam menghadapi tantangan global di abad 21 ini.

“Selama kunjungannya ke wilayah tersebut, Asisten Menteri Kritenbrink akan bertemu dengan pejabat senior pemerintah untuk menegaskan kembali komitmen AS untuk bekerja sama dengan sekutu dan mitra untuk mengatasi tantangan global dan regional paling serius di abad ke-21,” tulisnya.

Asisten Menteri Kritenbrink akan menekankan sentralitas ASEAN dalam arsitektur regional dan dukungan AS untuk tatanan yang berbasis aturan di Indo-Pasifik.

Kritenbrink juga akan melibatkan sekutu dan mitra dalam menghadapi tantangan regional demokrasi dan hak asasi manusia HAM, termasuk membahas isu Myanmar.

Baca juga: SDF Jepang Amankan Bom Zaman Perang Dunia II Buatan Amerika Serikat

“Beliau juga akan melibatkan sekutu dan mitra dalam menghadapi tantangan regional demokrasi dan HAM; meningkatkan kerja sama dalam memerangi perubahan iklim; dan mendiskusikan cara untuk menekan rezim militer Burma untuk menghentikan kekerasan, memungkinkan akses kemanusiaan tanpa hambatan, dan memulihkan jalan Burma menuju demokrasi,” tulis pernyataan itu.

Selain itu, Asisten Menteri Kritenbrink akan membahas bagaimana Amerika Serikat dan mitra serta sekutunya dapat memperkuat hubungan ekonomi.

Serta membangun kembali perekonomian dengan lebih baik dari pandemi COVID-19.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved