12 Orang Tewas Terinjak-injak saat Berdesakan di Kuil India untuk Berdoa di Tahun Baru

Insiden kerumunan di sebuah kuil Hindu populer di Kashmir, India menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai 13 lainnya pada hari pertama di Tahun Baru

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Inza Maliana
AFP/SANJAY KANOJIA
ILUSTRASI FESTIVAL KEAGAMAAN DI INDIA - Warga menari bersama saat merayakan Holi, festival warna musim semi, di Allahabad, Selasa (10/2/2020). Holi dirayakan di India pada akhir musim dingin pada bulan purnama terakhir bulan lunar. AFP/SANJAY KANOJIA 

TRIBUNNEWS.COM - Insiden kerumunan di sebuah kuil Hindu populer di Kashmir, India menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai 13 lainnya pada hari pertama di Tahun Baru 2022.

Dilansir Al Jazeera, pihak berwenang telah melakukan investigasi untuk mendalami penyebab kerumunan mematikan di kuil Mata Vaishnav Devi pada Sabtu (1/1/2022).

Kuil Mata Vaishnav Devi merupakan salah satu tempat ibadah populer di India.

Ribuan umat Hindu selalu memadati kuil ini untuk melakukan penghormatan.

Baca juga: India Blokir Dana Asing untuk Badan Amal Bunda Teresa

Baca juga: Kelompok Sayap Kanan Hindu India Hancurkan Patung Yesus dan Sinterklas saat Natal

Umat Hindu membawa gambar Dewa Siwa dan Dewi Parwati dari kuil Kashi Vishwanath dalam perayaan Holi, festival warna musim semi, saat prosesi di Varanasi, India, Kamis (5/2/2020). Holi dirayakan di India pada akhir musim dingin pada bulan purnama terakhir bulan lunar. AFP/STR
ILUSTRASI FESTIVAL KEAGAMAAN DI INDIA - Umat Hindu membawa gambar Dewa Siwa dan Dewi Parwati dari kuil Kashi Vishwanath dalam perayaan Holi, festival warna musim semi, saat prosesi di Varanasi, India, Kamis (5/2/2020). Holi dirayakan di India pada akhir musim dingin pada bulan purnama terakhir bulan lunar. AFP/STR (AFP/STR)

"Sedikitnya 12 orang kehilangan nyawa dan 13 lainnya luka-luka," kata seorang pejabat senior pemerintah kepada kantor berita AFP tanpa menyebut nama.

"Jumlah korban bisa lebih tinggi karena rute menuju kuil di puncak bukit itu penuh sesak dengan umat yang mencoba melakukan kunjungan dan doa tahun baru secara adat," katanya.

Laporan berita lain mengatakan bahwa sebanyak 20 orang terluka.

Gambar yang ditayangkan oleh stasiun televisi juga menunjukkan beberapa ambulans bergegas ke lokasi kejadian.

Salah satu saksi mata yang juga melakukan ibadah di kuil, Mahesh, mengatakan kerumunan terjadi di dekat salah satu gerbang tempat para pengunjung masuk dan keluar dari kuil.

"Sesuatu terjadi di dekat salah satu gerbang dan saya menemukan diri saya di bawah tekanan orang."

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved