Gunung di Bawah Laut Pasifik Meletus

Tsunami Setinggi 1,20 Meter di Prefektur Kagoshima Pulau Amami, WNI di Jepang Selamat

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami ke Kepulauan Amami dan Kepulauan Tokara mengakibatkan tsunami setinggi 3 meter.

Editor: Dewi Agustina
Foto Minami Nihon Shimbun
Lansia Jepang sedang mengungsi menuju ke tempat yang lebih tinggi akibat gelombang tsunami. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Jepang dikabarkan selamat dan dalam keadaan sehat setelah muncul tsunami sejak dini hari tadi di Jepang.

"Aman mas kita semua di sini. Kita mewaspadai sekitar kita yang dekat laut ini, memonitor tsunami, karena mendengar pengumuman imbauan mengungsi sejak pagi tadi," kata Anna di Oarai Prefektur Ibaraki kepada Tribunnews.com, Minggu (16/1/2022) pagi.

Demikian pula WNI yang ada di Okinawa seperti Dimas dan Angga menyatakan dalam keadaan sehat dan aman sambil memonitor perkembangan tsunami lebih lanjut.

Letusan skala besar terjadi di gunung berapi bawah laut di lepas pantai Tonga di Pasifik Selatan.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami ke Kepulauan Amami dan Kepulauan Tokara mengakibatkan tsunami setinggi 3 meter pada pukul 00.15 pada tanggal 16 Januari.

Tsunami memasuki Jepang dengan ketinggian sekitar 1 meter 20 cm khususnya di Prefektur Kagoshima Pulau Amami Koshima Kominato.

Peringatan tsunami telah dikeluarkan di wilayah Tanegashima dan Yakushima di bagian timur Prefektur Kagoshima, dan gelombang diperkirakan mencapai 1 meter.

Baca juga: Dampak Tsunami Tonga Hingga ke Jepang, Sejak Dini Hari Tadi Masyarakat Diimbau Segera Mengungsi

Pada tanggal 16 pagi pukul 01.30, ketinggian gelombang yang teramati di berbagai tempat adalah Otomari, Kota Minami Osumi, Kumano, Kota Nakatane, 70 cm, Pelabuhan Shibushi, Kota Shibushi, 60 cm, Nakanoshima, Desa Toshima, 50 cm , Kota Nishinoomote, 40 cm, Amami Kota Naze 30 cm.

Menurut pemadam kebakaran distrik Amami Oshima dan Kumage, Desa Toshima, kantor Desa Mishima, dan kantor polisi, tidak ada kerusakan akibat tsunami yang dikonfirmasi.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved