Wakil Dubes Indonesia ke Fukushima Jepang Kunjungi Berbagai Fasilitas

KBRI Tokyo sangat mengapresiasi Undangan Gubernur Fukushima untuk melihat secara langsung  progres dan proses pemulihan kehidupan dan ekonomi pasca

Foto Fukushima Minpo
Wakil Dubes Indonesia untuk Jepang, Tri Purnajaya (ke-2 dari kiri jaket krem muda) bersama pejabat kedutaan lain di Fukushima 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Wakil Dubes Indonesia Tri Purnajaya bersama Duta Besar lainnya di Jepang dari berbagai negara  mengunjungi Prefektur Fukushima mengunjungi 6 fasilitas di Hamadori seperti J Village  (Naraha / Kota Hirono) pada tanggal 14 Januari lalu.

"KBRI Tokyo sangat mengapresiasi Undangan Gubernur Fukushima untuk melihat secara langsung  progres dan proses pemulihan kehidupan dan ekonomi pasca the great east earthquake serta kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daichi pada 2011," ungkap Wakil Duta Besar Tri Purnajaya kepada Tribunnews.com Senin (17/1/2022).

Menurutnya, KBRI terkesan dengan program dekontaminasi tanah dan air dan pemulihan sektor pertanian, perkebunan dan perikanan di wilayah Fukushima.

"KBRI juga terkesan dengan pengembangan kawasan industri di berbagai sektor termasuk dalam high technology antara lain, robot dan drone. KBRI akan terus mendukung program kerjasama antara Indonesia dan Fukushima."

Selain itu Wakil Dubes Tri juga merasakan  dan memastikan bahwa lokasi evakuasi terlebih sangat penting  dalam mempersiapkannya sejak dini.

Indonesia sempat rusak parah akibat gempa besar di Sumatera 2004.

"Saya ingin menyampaikan dan membawa pelajaran dari Prefektur Fukushima kepada  Indonesia," tambahnya.

Para duta besar  melihat daerah bencana di mana pemulihan dari kecelakaan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Fukushima Daiichi sedang berlangsung.

Di akomodasi J Village, mereka menerima hadiah Futaba Daruma yang dibuat oleh staf sebelum keberangkatan.

 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Laos untuk Jepang, Phongsamouth Anlavan, tersenyum, "Matahari pagi dan lapangan yang terlihat dari ruangan sangat indah. Saya ingin orang-orang dari negara asal saya datang ke Fukushima."

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved