Setor Uang Koin ke ATM Pos Jepang Milik Sendiri Kini Harus Bayar

Apabila menyetorkan koin lewat ATM mulai 17 Januari lalu, akan dikenakan biaya 110 yen yang dibebankan ke akun nasabah yang bersangkutan.

Richard Susilo
Kantorpos Jepang di Ueno Tokyo yang mengantisipasi BCP pula, libur saat hari Sabtu Minggu dan Hari Libur Nasional. Kecuali kantorpos besarnya. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Nyetor uang koin ke ATM bank pos milik kita sendiri harus bayar mulai kini.

Kantor pos Jepang dan atau Japan Post Bank telah mengenakan biaya tergantung kepada jumlah mata uang  koin saat menyetorkan koin logam itu baik ke loket maupun ke ATM Bank Pos sejak 17 Januari lalu.

"Apabila menyetorkan koin lewat ATM mulai 17 Januari lalu, akan dikenakan biaya 110 yen yang dibebankan ke akun nasabah yang bersangkutan. Setoran mata uang koin antara 1 sampai dengan 25 koin, terkena biaya 110 yen, tak peduli nilai koinnya, apakah koin satu yen, 5 yen, 10 yen, 50 yen, 100 yen atau 500 yen," ungkap Kojima seorang kepala kantor pos di Tokyo kepada Tribunnews.com pagi ini (21/1/2022).

Pengenalan pengenaan biaya ini menyebar ke lembaga keuangan lain di Jepang, dan tampaknya akan berdampak pada toko-toko di mana ada banyak pembayaran tunai dan menggunakan koin pula untuk kembalian pembayaran.

Mulai tanggal 17 Januari, Japan Post Bank  membebankan biaya tergantung pada jumlah koin saat menyimpan atau mentransfer koin.

 Terlepas dari jenis koinnya, apabila dilakukan di konter atau loket petugas langsung kantor pos akan gratis untuk setoran koin hingga 50 buah koin.

Tetapi setoran langsung ke petugas kantor pos pun untuk jumlah 51 hingga 100 koin akan dikenakan biaya 550 yen.

Apabila setor ke petugas di loket kantor pos 101 hingga 500 koin dikenakan biaya 825 yen.

Dari 501 hingga 1000 koin dikenakan biaya 1100 yen dan jika lebih dari itu maka 550 yen akan ditambahkan lagi untuk kelipatan 500 buah koin.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved