Perumnas Hinosato Munakata Fukuoka Jepang Bangkit Peremajaan Setelah 50 Tahun

Banyak Perumnas di Jepang sudah tua, salah satunya Hinosato Munakata Fukuoka yang terbesar di selatan Jepang dengan 65 blok bangunan tersebar di kota

Ist
Dinding Panjat tebing dipasang di bangunan Hinosato No.48, ide dari seorang pelajar SD penduduk perumnas tersebut untuk membangkitkan kembali suasana di dalam perumnas Hinosato Munakata Fukuoka setelah 50 tahun berdiri. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Banyak Perumnas di Jepang sudah tua, salah satunya Hinosato Munakata Fukuoka yang terbesar di selatan Jepang dengan 65 blok bangunan tersebar di kota Munakata dengan stasiun Tougou terdekat.

Kompleks perumahan Hinosato di Kota Munakata, Prefektur Fukuoka dikembangkan pada tahun 1971 oleh Japan Housing Corporation (sekarang UR atau Urban Organization) sebagai kompleks perumahan terbesar di Kyushu.

 Itu adalah kota baru  dengan  bangunannya menua dan penduduknya menua. Namun, kompleks perumahan Hinosato telah mulai membuat rencana untuk merevitalisasi kompleks perumahan dan mengusulkan cara baru kompleks perumahan, "model Munakata / Hinosato" sejak tahun 2021.

Sebuah contoh gedung bangunan Hinosato No.48 dekat Stasiun Tougou Jalur Utama JR Kagoshima, berjarak sekitar 30 menit dengan kereta cepat ke Stasiun Hakata, stasiun utama Fukuoka.

Munakata adalah kota tempat tidur (bed-town)  yang bagus dan nyaman untuk bepergian ke pusat kota Fukuoka.

 Pada awal tahun 1971, ketika kompleks perumahan Hinosato dibuka di perbukitan yang menyebar dari stasiun Togo, penduduk ditentukan satu demi satu di semua 65 bangunan, dan sedikitnya 20.000 orang tinggal di perumnas itu.

Namun kini pada tahun 2021 lalu,  50 tahun kemudian, jumlah penduduk sekitar 2.000, yang merupakan sepersepuluh, dan tingkat penuaan, yang merupakan rasio penduduk berusia 65 tahun ke atas, adalah sekitar 40%.

Tingkat penuaan Kota Munakata secara keseluruhan melebihi sekitar 30%.  Untuk itulah perumnas yang sekitar 10 bangunannya ditutup karena sudah tak ada pemukimnya lagi, sejak tahun lalu 2021 dibangkitkan kembali, disegarkan kembali dengan berbagai kegiatan dan idenya dari penduduk perumnas setempat.

Salah satu dari 10 gedung yang ditutup pada tahun 2017, dipindahkan sebagai tempat bernama "Hinosato 48" pada Maret 2021 menjadi hub komunikasi Kota Munakata dan sekitarnya serta warga. Keisuke Yoshida, Direktur "Hinosato 48"   telah membeli properti untuk dijual kembali di kompleks perumahan Hinosato.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved