Mantan Dubes Indonesia Untuk Jepang Launching Kanal YouTube ''Yusron Senpai, Hai!''

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Jepang,Yusron Ihza, melakukan launching Kanal Youtube “Yusron Senpai, Hai!” di Jakarta kemarin  (6/2/2022).

Ist
Foto Saat wawancara/syuting dengan Dubes Jepang Kanasugi Kenji (kiri) di kediaman Dubes Jepang di Jakarta 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Mantan Duta Besar Indonesia untuk Jepang,Yusron Ihza, melakukan launching Kanal Youtube “Yusron Senpai, Hai!” di Jakarta kemarin  (6/2/2022).

Kanal Youtube ini tergolong unik karena mengkhususkan diri pada tema bahasan tentang Jepang dan dilakukan dalam dua pilihan bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang.

“Dari alternatif bahasa di atas, jelas bahwa Youtube ini ditargetkan untuk pemirsa Indonesia dan sekaligus juga pemirsa Jepang. Agar penonton tidak bingung, salah satu bahasa akan muncul dalam subtitle," ungkap Yusron kepada Tribunnews.com kemarin (6/2/2022).

Tentang konten, Kanal Youtube ini meliputi bidang yang luas, antara lain ekonomi, sosial, budaya, diplomasi, pendidikan, perkerjaan dan pariwisata. Namun, mengingat fokus Jepang tadi, apa pun yang dibahas, kaitannya tetap saja pada fokus Jepang.

Misalnya dalam masalah pendidikan, topik yang dibicarakan adalah bagaimana sistem pendidikan di Jepang, bagaimana suasana mahasiswa Indonesia di sana, atau juga bagaimana peluang meraih beasiswa untuk studi di Jepang dan lain-lain.

Dalam bahasan tentang perkerjaan, antara lain juga dibahas peluang warga Indonesia untuk berkerja di Jepang dan hal-hal lain yang berkaitan.

Berbicara tentang kemungkinan orang Jepang tertarik menonton, menurut Yusron, hal itu dikarenakan bahwa dari sudut pandang Jepang, bahasan tentang Jepang dalam Kanal Youtube tersebut akan menjadi semacam “Jepang dalam pandangan orang asing”.

“Kita sering kali tidak sadar tentang diri kita dan kita baru tersadar setelah orang asing berkata tentang kita,” tambah Yusron.

Yusron yakin informasi-informasi tentang Jepang amat diperlukan oleh masyarakat Indonesia dan karena itu akan mengundang pemirsa Indonesia.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved