Harga Bensin di Tokyo Jepang Terus Melonjak Dampak Ketegangan Ukraina-Rusia

Harga minyak mentah berjangka naik tajam di pasar Tokyo pada tanggal 14 Februari 2022, mencapai level tertinggi untuk pertama kalinya.

Editor: Dewi Agustina
Richard Susilo
Pompa bensin di Tokyo dengan harga masih 163 yen per liter kini sudah di atas 170 yen per liter. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Harga bensin di Tokyo terus naik ke angka 173 yen per liter meskipun sudah ada subsidi dari pemerintah.

Ketika ketegangan atas situasi di Ukraina meningkat, harga minyak mentah berjangka naik tajam di pasar Tokyo pada tanggal 14 Februari 2022, mencapai level tertinggi untuk pertama kalinya dalam waktu sekitar 7 tahun 4 bulan.

Di pasar Tokyo pada tanggal 14 Februari 2022, harga minyak mentah berjangka yang menjadi pusat transaksi, naik lebih dari 2.000 yen dibandingkan penutupan Kamis lalu, sehingga untuk sementara mencapai level 62.900 yen per kiloliter.

Ini merupakan level tertinggi dalam 7 tahun 4 bulan sejak Oktober 2014.

"Harga berjangka WTI (West Texas Intermediate), yang merupakan indikator internasional harga minyak mentah, telah naik ke level 94 USD per barel, dan kenaikan telah menyebar ke pasar Tokyo," ungkap pejabat pasar komoditi Jepang.

Baca juga: Krisis Rusia-Ukraina Tekan Harga Aset Kripto, Bitcoin Jatuh, Dogecoin Shiba Inu Naik Tipis

Di pasar, ada kekhawatiran bahwa Rusia akan menginvasi Ukraina dan dampaknya akan berkepanjangan, dan ada pandangan bahwa harga minyak mentah akan tetap tinggi di masa mendatang.

Pemerintah Jepang telah menjanjikan akan memberikan subsidi dan melepas cadangannya apabila harga bensin di atas 170 yen per liter, agar turun menjadi di bawah 170 yen per liter.

Namun subsidi tersebut masih belum mampu menurunkan harga bensin saat ini di Tokyo khususnya.

Beberapa pom bensin terpantau Tribunnews.com sampai Senin (14/2/2022) pagi masih dengan harga sekitar 173 yen per liter.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang.

Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved