Konflik Rusia Vs Ukraina

Rusia Sebut akan Tarik Mundur Pasukan di Perbatasan Ukraina, UK: Kami Belum Melihat Bukti Apapun

Rusia mengatakan sedang menarik pasukannya dari perbatasan Ukraina, namun pejabat UK belum melihat bukti apapun.

AFP
Personel militer AS dari negara-negara Sekutu yang dikerahkan ke Rumania mengambil bagian dalam upacara selama kunjungan Sekjen NATO dan Presiden Rumania di Pangkalan Militer Mihail Kogalniceanu pada 11 Februari 2022 di Mihail Kogalniceanu, Rumania. 

TRIBUNNEWS.COM - Rusia mengatakan sedang menarik pasukan kembali dari Krimea setelah selesainya latihan militer di sana, Independent melaporkan.

Kementerian Pertahanan Rusia membagikan video yang menunjukkan peralatan militer dan pasukan meninggalkan daerah yang berbatasan dengan Ukraina itu.

Distrik militer selatan dilaporkan kembali ke pangkalan mereka dari latihan di Krimea, lapor kantor berita independen Rusia Interfax, mengutip kementerian pertahanan Kremlin dalam sebuah pernyataan.

"Unit distrik militer selatan telah menyelesaikan partisipasi mereka dalam permainan taktis di Semenanjung Krimea dan menuju ke pangkalan mereka dengan kereta api," ujar kementerian.

Kereta telah melintasi Jembatan Krimea ke daratan Rusia, kata para pejabat.

Baca juga: Rusia Tidak Ingin Ukraina Bergabung dengan NATO, Ini Alasannya

Baca juga: Warga Ukraina Bersiap untuk Kemungkinan Terburuk: Kami Harus Berjuang untuk Diri Kami Sendiri

Seorang remaja Ukraina menggali parit untuk tentara yang bertugas di front timur negara mereka dan berhadapan dengan separatis yang didukung Rusia, di dekat desa Chervone, wilayah Mariupol, Ukraina timur, pada 11 Februari 2022. (Photo by Aleksey Filippov / AFP)
Seorang remaja Ukraina menggali parit untuk tentara yang bertugas di front timur negara mereka dan berhadapan dengan separatis yang didukung Rusia, di dekat desa Chervone, wilayah Mariupol, Ukraina timur, pada 11 Februari 2022. (Photo by Aleksey Filippov / AFP) (AFP/ALEKSEY FILIPPOV)

Kendaraan lapis baja seperti tank, kendaraan tempur infanteri dan sistem artileri self-propelled juga dimuat di mobil datar di stasiun keberangkatan, tambah laporan itu.

Pejabat pertahanan Rusia mengatakan kereta militer sekarang akan membawa pasukan dan perangkat mereka ke pangkalan.

Bukti Belum Terlihat

Namun, mengutip laporan intelijen, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan pihaknya belum melihat bukti bahwa Rusia menarik pasukan dari dekat perbatasan Ukraina.

"Kami belum melihat bukti apa pun pada saat penarikan itu," kata Wallace.

Wallace sebelumnya mengatakan 60 persen pertempuran darat Rusia masih berada di perbatasan Ukraina bersama dengan kekuatan angkatan laut yang signifikan di laut, menambahkan bahwa invasi masih mungkin dilakukan.

"Ukraina cukup dikelilingi oleh kekuatan yang cukup besar", kata menteri pertahanan itu menjelang pertemuannya dengan rekan-rekan NATO.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved