Konflik Rusia Vs Ukraina

Ahli Rusia di Jepang Sebut Kekayaan Presiden Putin Mencapai 23 Triliun Yen

Kekayaan sebenarnya Putin bisa mencapai 23 triliun yen karena didukung oleh setidaknya 3 orang terdekatnyayang terkenal sangat kaya raya.

Editor: Dewi Agustina
TV TBS/Richard Susilo
Profesor Itsuro Nakamura (65), ilmuwan politik spesialis Rusia dari Universitas Tsukuba. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Profesor Itsuro Nakamura (65), seorang ilmuwan politik spesialis Rusia dari Universitas Tsukuba menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki gaji resmi sekitar 14 juta yen setahun.

Namun kekayaan sebenarnya bisa mencapai 23 triliun yen karena didukung oleh setidaknya 3 orang terdekatnyayang terkenal sangat kaya raya.

"Kekayaan Putin dari 10 orang terkaya yang paling dekat dengannya dan kekayaan sebenarnya mungkin bisa mencapai 23 triliun yen," papar Profesor Itsuro Nakamura (65) Ilmuwan politik spesialis Rusia dari Universitas Tsukuba dalam acara TV TBS, Kamis (24/2/2022) siang.

Hal itu juga dibenarkan oleh Profesor Masaaki Sasaki dari universitas Daiwa yang juga mantan Kepala Biro Moskwa koran Sankei Jepang.

"Putin punya kekayaan yang sangat besar dan susah untuk dihitung. Semuanya bisnis harus dari Putin dan tiga orang terkaya terdekatnya semuanya pasti tahu. Satu teman dekatnya Gennady Nikolayevich Timchenko (69) yang keturunan Ukraina dan dua lagi masih keluarga Putin," papar Sasaki.

Baca juga: Rusia Serbu Ukraina! Putin Ancam Negara-negara Lain Tidak Ikut Campur: Konsekuensinya Sangat Mahal

Gennady memiliki kekayaan sekitar 25 triliun yen berbisnis minyak energi dan sangat dekat dengan Putin di olahraga Ice Hockey sebagai Ketua Liga Hockey Rusia.

Dia juga Presiden klub hoki es SKA Saint Petersburg, warga negara Rusia, juga memiliki paspor Finlandia dan Armenia.

Dia adalah konsul kehormatan Serbia di Saint Petersburg.

"Dari 10 orang dekat terkaya di Rusia, Putin memang sangat dekat dengan 3 orang tersebut, satu sahabatnya Gennady dan dua orang masih keluarganya," ungkap Nakamura.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved