Konflik Rusia Vs Ukraina

Menangis Tak Terima Kemerdekaan Negaranya Direnggut, Puluhan Ribu WN Ukraina di Luar Negeri Pulang

Puluhan ribu warga Ukraina yang berada di luar negeri dikabarkan memilih pulang untuk mempertahankan negaranya dari serangan Rusia.

Editor: Wahyu Aji
AFP/DIMITAR DILKOFF
Orang-orang berjalan kaki dan naik mobil menyeberang dari Ukraina ke Polandia di perbatasan Korczowa-Krakovets pada 26 Februari 2022, setelah invasi Rusia ke Ukraina. (Photo by Dimitar DILKOFF / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Puluhan ribu warga Ukraina yang berada di luar negeri dikabarkan memilih pulang untuk mempertahankan negaranya dari serangan Rusia.

Penjaga Perbatasan Polandia pada Minggu (27/2/2022), mengungkapkan sekitar 22.000 warga Ukraina telah melintas untuk pulang.

Jumlah tersebut dicatat sejak Kamis (24/2/2022), ketika Rusia mulai menginvasi negara tersebut.

Pada pos pemeriksaan di Medyka, sebelah tenggara Polandia, banyak yang sudah berbaris sejak Minggu pagi untuk melintasi perbatasan ke Ukraina.

“Kami harus membela kampung halaman. Siapa yang akan melakukannya jika bukan kami,” ujar seorang pria dikutip dari Associated Press.

Pria tersebut mengatakannya di depan sebuah kelompok sekitar 20 orang pengemudi truk yang berjalan ke pos pemeriksaan untuk masuk ke Ukraina.

Mereka dating dari penjuru Eropa untuk kembali ke Ukraina.

Baca juga: Mantan Ratu Kecantikan Ukraina Anastasiia Lenna, Siap Angkat Senjata Perangi Tentara Rusia

“Rusia yang seharusnya takut. Kami tidak takut,” ujar pria lainnya di kelompok tersebut.

Anggota kelompok tersebut menolak memberikan nama mereka, atau hanya mau memberikan nama depannya saja, mengutip kekhawatiran terhadap keamanan mereka dan keluarganya.

Pria lainnya, Denis, 28 tahun, yang menghabiskan waktu 6 bulan bekerja di tempat konstruksi di Polandia, menegaskan ia pulang ke Ukraina, termpat di mana segala miliknya berada.

Halaman
12
Sumber: Kompas TV
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved