Konflik Rusia Vs Ukraina

Jepang dan Indonesia Punya Pandangan Yang Sama Mengenai Perang Ukraina dan Rusia

Jepang dan Indonesia memiliki pandangan yang sama mengenai perang Ukraina dan Rusia saat ini.

Richard Susilo
Menteri luar negeri Yoshimasa Hayashi 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jepang dan Indonesia memiliki pandangan yang sama mengenai perang Ukraina dan Rusia saat ini.

"Agresi Rusia terhadap Ukraina adalah perubahan sepihak dari status quo secara paksa, yang mengguncang seluruh tatanan internasional dan mengutuk keras Rusia," ungkap Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi kepada Menlu Indonesisa Retno LP Marsudi sore ini (3/3/2022) pukul 17.20 waktu Jepang selama kurang lebih 20 menit.

 Ia juga menyatakan niatnya untuk bekerja sama erat dengan Indonesia untuk menghadapi situasi ini.

"Menteri Retno menjelaskan bahwa Indonesia memiliki pandangan yang sama dan kami  kedua Menteri menegaskan bahwa kita akan terus bekerja sama secara erat," tambah Menteri Hayashi lagi.

Kedua menteri berbicara sudah seperti sahabat dekat, dengan fokus utama tentang isu-isu mengenai Ukraina dan Myanmar, ungkap sumber Tribunnews.com.

Kedua Menteri juga bertukar pandangan tentang situasi di Myanmar.

Menteri Hayashi menegaskan kembali bahwa Jepang akan terus mendukung penuh inisiatif ASEAN dan kedua Menteri bertukar pandangan tentang implementasi “5 konsensus”. dan upaya Indonesia di ASEAN.

 Kedua Menteri sepakat untuk terus bekerja dalam koordinasi yang erat dalam menanggapi situasi di Myanmar.

Selain itu kedua Menteri bertukar pandangan tentang realisasi “Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka” dan “Pandangan ASEAN untuk Indo-Pasifik” dan koordinasi untuk memajukan kerja sama nyata di bidang-bidang seperti pembangunan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, dan keselamatan maritim.

Kedua Menteri menegaskan bahwa mereka akan terus bekerja sama secara erat mengenai isu-isu seperti Laut Cina Timur, Laut Cina Selatan dan Korea Utara.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved