Berita Foto : Katalin Novak Jadi Presiden Wanita Pertama Hungaria

Katalin Novak menjadi presiden wanita Hungaria pertama yang dipilih parlemen mengalahkan Peter Rona.

Penulis: Herudin
AFP/ATTILA KISBENEDEK
Presiden Hungaria yang baru terpilih Katalin Novak tersenyum setelah mengambil sumpahnya sebagai perwakilan parlemen Hungaria menyetujui pengangkatannya sebagai presiden baru di gedung parlemen di Budapest pada 10 Maret 2022. - Parlemen Hungaria memilih Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban, sebagai presiden wanita pertama anggota Uni Eropa. (Photo by Attila KISBENEDEK / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, HUNGARIA - Parlemen Hungaria memilih Katalin Novak sebagai presiden wanita pertama negara itu untuk masa jabatan lima tahun, pada Kamis 10 Maret 2022.

Kandidat Hungaria untuk Presiden Katalin Novak tiba bersama suaminya Istvan Veres (kiri) di aula utama gedung parlemen di Budapest pada 10 Maret 2022 sebelum pemungutan suara rahasia untuk posisi presiden. - Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban, diperkirakan akan terpilih sebagai presiden wanita pertama anggota Uni Eropa. Novak, yang baru-baru ini menjabat sebagai menteri kebijakan keluarga, menggambarkan pemilihannya sebagai kemenangan bagi perempuan.
 (Photo by Attila KISBENEDEK / AFP)
Kandidat Hungaria untuk Presiden Katalin Novak tiba bersama suaminya Istvan Veres (kiri) di aula utama gedung parlemen di Budapest pada 10 Maret 2022 sebelum pemungutan suara rahasia untuk posisi presiden. - Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban, diperkirakan akan terpilih sebagai presiden wanita pertama anggota Uni Eropa. Novak, yang baru-baru ini menjabat sebagai menteri kebijakan keluarga, menggambarkan pemilihannya sebagai kemenangan bagi perempuan. (Photo by Attila KISBENEDEK / AFP) (AFP/ATTILA KISBENEDEK)

Katalin Novak mengalahkan ekonom, Peter Rona, dalam pemilihan di parlemen dan mengambil alih dari presiden petahana Janos Ader yang mengakhiri masa jabatan keduanya sebagai presiden.

Presiden Hungaria yang baru terpilih Katalin Novak (tengah) tiba untuk mengambil sumpahnya setelah perwakilan parlemen Hungaria menyetujui pengangkatannya sebagai presiden baru di gedung parlemen di Budapest pada 10 Maret 2022. - Parlemen Hungaria memilih Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban, sebagai presiden wanita pertama anggota Uni Eropa. (Photo by Attila KISBENEDEK / AFP)
Presiden Hungaria yang baru terpilih Katalin Novak (tengah) tiba untuk mengambil sumpahnya setelah perwakilan parlemen Hungaria menyetujui pengangkatannya sebagai presiden baru di gedung parlemen di Budapest pada 10 Maret 2022. - Parlemen Hungaria memilih Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban, sebagai presiden wanita pertama anggota Uni Eropa. (Photo by Attila KISBENEDEK / AFP) (AFP/ATTILA KISBENEDEK)

Presiden Hungaria bukan anggota partai politik mana pun dan mewakili kesatuan negara Hungaria.

Kandidat Hungaria untuk Presiden Katalin Novak (kanan) berfoto selfie dengan perwakilan parlemen Hungaria Katalin Csobor (kiri) di gedung parlemen di Budapest pada 10 Maret 2022 sebelum pemungutan suara rahasia untuk posisi presiden. - Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban, diperkirakan akan terpilih sebagai presiden wanita pertama anggota Uni Eropa. Novak, yang baru-baru ini menjabat sebagai menteri kebijakan keluarga, menggambarkan pemilihannya sebagai kemenangan bagi perempuan. (Photo by Attila KISBENEDEK / AFP)
Kandidat Hungaria untuk Presiden Katalin Novak (kanan) berfoto selfie dengan perwakilan parlemen Hungaria Katalin Csobor (kiri) di gedung parlemen di Budapest pada 10 Maret 2022 sebelum pemungutan suara rahasia untuk posisi presiden. - Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban, diperkirakan akan terpilih sebagai presiden wanita pertama anggota Uni Eropa. Novak, yang baru-baru ini menjabat sebagai menteri kebijakan keluarga, menggambarkan pemilihannya sebagai kemenangan bagi perempuan. (Photo by Attila KISBENEDEK / AFP) (AFP/ATTILA KISBENEDEK)

Tugas presiden Hungaria sebagian besar bersifat seremonial.

Presiden Hungaria yang baru terpilih Katalin Novak berbagi senyum dengan suaminya Istvan Veres setelah dia mengambil sumpahnya sebagai perwakilan parlemen Hungaria menyetujui pengangkatannya sebagai presiden baru di gedung parlemen di Budapest pada 10 Maret 2022. - Parlemen Hungaria memilih Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban, sebagai presiden wanita pertama anggota Uni Eropa. (Photo by Attila KISBENEDEK / AFP)
Presiden Hungaria yang baru terpilih Katalin Novak berbagi senyum dengan suaminya Istvan Veres setelah dia mengambil sumpahnya sebagai perwakilan parlemen Hungaria menyetujui pengangkatannya sebagai presiden baru di gedung parlemen di Budapest pada 10 Maret 2022. - Parlemen Hungaria memilih Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban, sebagai presiden wanita pertama anggota Uni Eropa. (Photo by Attila KISBENEDEK / AFP) (AFP/ATTILA KISBENEDEK)
Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban (tengah) berbicara dengan perwakilan partainya di aula utama gedung parlemen pada 10 Maret 2022 sebelum pemungutan suara rahasia Presiden baru Hongaria. - Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban, diperkirakan akan terpilih sebagai presiden wanita pertama anggota Uni Eropa. Novak, yang baru-baru ini menjabat sebagai menteri kebijakan keluarga, menggambarkan pemilihannya sebagai kemenangan bagi perempuan. (Photo by Attila KISBENEDEK / AFP)
Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban (tengah) berbicara dengan perwakilan partainya di aula utama gedung parlemen pada 10 Maret 2022 sebelum pemungutan suara rahasia Presiden baru Hongaria. - Katalin Novak, sekutu dekat Perdana Menteri Viktor Orban, diperkirakan akan terpilih sebagai presiden wanita pertama anggota Uni Eropa. Novak, yang baru-baru ini menjabat sebagai menteri kebijakan keluarga, menggambarkan pemilihannya sebagai kemenangan bagi perempuan. (Photo by Attila KISBENEDEK / AFP) (AFP/ATTILA KISBENEDEK)

Lihat foto lainnya klik di sini : Katalin novak jadi presiden wanita pertama hungaria

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved