Virus Corona

Pelajar Asing Bakal Dapat Subsidi Pemerintah Jepang Rp 12 Juta

Para pelajar asing yang masuk Jepang mulai 1 Maret 2022 berhak mendapatkan subsidi 100.000 yen atau setara Rp 12.290.000.

Editor: Dewi Agustina
Richard Susilo
Sejumlah pelajar asing sedang berfoto di Asakusa, obyek wisata di Tokyo. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Para pelajar asing yang masuk Jepang mulai 1 Maret 2022 berhak mendapatkan subsidi 100.000 yen atau setara Rp 12.290.000 (kurs 1 yen = Rp 122,90--red) dari pemerintah Jepang apabila mengalami kesulitan hidup.

"Pemerintah Jepang telah memutuskan untuk membayar 100.000 yen per orang dalam upaya untuk mendukung siswa asing yang telah memasuki Jepang karena pelonggaran tindakan pembatasan dan berada dalam kesulitan keuangan," ungkap sumber Tribunnews.com, Kamis (10/3/2022).

"Pemerintah telah melonggarkan langkah-langkah pembatasan untuk Covid-19 dan mengizinkan siswa asing masuk ke Jepang mulai 1 Maret 2022 dan operasi mekanisme tersebut telah dilaksanakan saat ini. Dan secara perlahan para pelajar asing mulai masuk ke Jepang," ujarnya.

Menanggapi hal ini, pemerintah telah memutuskan untuk menangani siswa asing yang telah memasuki Jepang pada akhir Maret 2022 dan terdaftar di universitas, dan sekolah lain, yang mengalami kesulitan keuangan karena tidak dapat memperoleh pekerjaan paruh waktu (baito) dan tidak mendapatkan penghasilan karena pengaruh virus corona.

Baca juga: Jumlah Korban Tewas akibat Gempa Besar Jepang Timur & Tsunami 11 Tahun Lalu Mencapai 15.900 Orang

"Kami telah memutuskan untuk membayar 100.000 yen per orang," ujarnya.

"Selain itu, kami akan menerima aplikasi untuk manfaat darurat yang memberikan 100.000 yen per siswa kepada siswa di universitas, sekolah pascasarjana, sekolah kejuruan, dan lainnya yang berada dalam situasi sulit karena infeksi yang berkepanjangan."

Dalam setiap kasus, aplikasi akan diterima dan diperiksa di setiap universitas dan kemudian pembayaran akan dilakukan paling cepat pada akhir bulan Maret ini.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang.

Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved