Konflik Rusia Vs Ukraina

10 Kapal Perang Angkatan Laut Rusia Melewati Selat Tsugaru Hokkaido Jepang

Kapal perusak dan fregat melewati Selat Tsugaru dan menuju ke Laut Jepang pada tanggal 11 Maret kemarin.

Editor: Dewi Agustina
Foto NHK
Foto kapal perang angkatan laut Rusia yang diambil oleh PasukanBela Diri Laut Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kementerian Pertahanan Jepang mengumumkan bahwa 10 kapal Angkatan Laut Rusia telah melewati Selat Tsugaru dari tanggal 10 Maret hingga 11 Maret 2022.

"Kementerian Pertahanan sedang menganalisis tujuan navigasi, dan lainnya mengingat tentara Rusia tampaknya sedang mengaktifkan aktivitas di sekitar Jepang," ungkap sumber Tribunnews.com, Sabtu (12/3/2022).

Menurut Kementerian Pertahanan Jepang, pesawat dan kapal patroli Pasukan Bela Diri Maritim mengkonfirmasi bahwa 10 kapal Angkatan Laut Rusia berlayar di Samudra Pasifik sekitar 180 km timur-timur laut Tanjung Erimo di Hokkaido mulai sekitar pukul 02.00 dini hari tanggal 10 Maret 2022.

Dipastikan bahwa kapal perusak dan fregat melewati Selat Tsugaru dan menuju ke Laut Jepang pada tanggal 11 Maret kemarin.

Angkatan Laut Rusia telah melakukan latihan maritim skala besar di Laut Okhotsk sejak bulan Februari lalu, dan diyakini bahwa 10 kapal berpartisipasi dalam latihan ini.

Karena Selat Tsugaru adalah "selat internasional", navigasi kapal asing, termasuk kapal perang, diakui secara internasional, tetapi salah satu pejabat Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa ada begitu banyak kapal Angkatan Laut Rusia.

"Sangat jarang untuk melewatinya melalui Selat Tsugaru sekaligus, dan tidak menutup kemungkinan upaya provokasi Rusia kepada Jepang," ungkapnya.

Jepang menahan diri dengan menjatuhkan sanksi kepada Rusia.

Kementerian Pertahanan sedang menganalisis tujuan navigasi Rusia tersebut mengingat tentara Rusia sedang mengaktifkan aktivitas militernya di sekitar Jepang belakangan ini.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved