Konflik Rusia Vs Ukraina

Zelensky Tak Percaya Janji Rusia Tarik Pasukan dari Ibu Kota Ukraina: Kami Tak akan Serahkan Apapun

Zelensky mengatakan Kyiv tidak melihat alasan untuk percaya pada kata-kata dari beberapa perwakilan Rusia.

AFP/HANDOUT
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato di depan majelis rendah parlemen Jerman Bundestag melalui tautan video dari Kyiv, Ukraina (17 Maret 2022). Zelensky mengatakan Kyiv tidak melihat alasan untuk percaya pada kata-kata dari beberapa perwakilan Rusia. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky agak jengkel saat mengatakan pembicaraan damai dengan Rusia sedang berlangsung, tetapi tidak ada "konkret" yang keluar dari mereka.

Ia mengatakan, Rusia menarik pasukan massal di dekat Donbas dan segala bentuk penarikan di dekat Kyiv adalah karena perlawanan Ukraina.

"Kami tahu bahwa ini bukan penarikan, tetapi konsekuensi dari pekerjaan para pembela kami," ujarnya, Kamis (31/3/2022), dilansir The Guardian.

“Tetapi kami juga melihat bahwa pada saat yang sama ada akumulasi pasukan Rusia untuk serangan baru di Donbas. Dan kami sedang mempersiapkan untuk ini," jelas dia.

Baca juga: Inggris Sebut Pasukan Rusia Tolak Laksanakan Perintah dan Sabotase Peralatan Sendiri

Baca juga: AS: Putin Disesatkan Militer Rusia soal Invasi di Ukraina, Takut Ungkap Buruknya Perang

Dalam pidato pada Rabu (30/3/2022), Volodymyr Zelensky mengatakan, dia mengadakan percakapan yang sangat "detail" dengan Presiden Joe Biden tentang berbagai topik.

Zelensky mengatakan dia berterima kasih kepada Biden atas bantuan kemanusiaan baru senilai $1 miliar dan tambahan $500 juta dalam dukungan langsung.

"Saya memberi tahu Presiden Biden apa yang dibutuhkan Ukraina, dan saya setulus mungkin dengannya," katanya, seperti diberitakan ABC News.

"Dukungan Amerika Serikat sangat penting bagi kami, dan sekarang sangat penting untuk membantu Ukraina, untuk menunjukkan semua kekuatan dunia demokratis," lanjutnya.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Bikin Ketahanan Pangan Rentan Menjelang Ramadan

Baca juga: Rusia Susun Mekanisme Pembayaran Gas Pakai Rubel, Pebisnis Jerman Kian Resah Uni Eropa Menolak

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato di depan Kongres AS melalui tautan video dari Kyiv. Ukraina. (16 Maret 2022).
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berpidato di depan Kongres AS melalui tautan video dari Kyiv. Ukraina. (16 Maret 2022). (AFP/HANDOUT)

Presiden Ukraina mengulangi seruannya untuk lebih banyak senjata dan sumber daya untuk melawan pasukan Putin.

Dia juga mengatakan tidak percaya "penarikan" Rusia dari Kyiv dan Chernihiv.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved