Penyakit Hepatitis

Kasus Hepatitis Akut di AS Bertambah, Colorado Identifikasi 5 Kasus pada Anak-anak

Negara bagian Colorado, Amerika Serikat (AS) telah melaporkan kasus pertama hepatitis akut pada kelompok anak yang tidak dapat diketahui penyebabnya.

The Quint
Penyebab munculnya penyakit hepatitis akut seperti terjadi di sejumlah negara, termasuk Indonesia hingga kini masih misterius. Di Amerika Serikat, telah dilakukan identifikasi terhadap 5 pasien anak dengan hepatitis (radang hati) yang tidak diketahui penyebabnya di sebuah rumah sakit di Alabama pada Oktober 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, COLORADO - Negara bagian Colorado, Amerika Serikat (AS) telah melaporkan kasus pertama hepatitis akut pada kelompok anak yang tidak dapat diketahui penyebabnya.

Temuan ini tentu saja menambah jumlah kasus yang sedang diselidiki secara nasional oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) negara itu.

Pada Jumat lalu, Departemen Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Colorado (CDPHE) telah melaporkan 5 contoh potensial kasus ke lembaga kesehatan tersebut.

Baca juga: Kini, WNI Tidak Perlu Daftar EU CDC Lagi Jika Melancong ke Eropa

Baca juga: NanoViricides Klaim Mulai Kembangkan Obat untuk Perangi Kasus Hepatitis Pediatrik Akut

Semua kasus yang dilaporkan itu memenuhi definisi luas CDC untuk kasus penyakit ini, terutama yang terjadi pada kelompok anak berusia 10 tahun atau lebih muda, dokter pun hingga kini masih belum menemukan penyebabnya.

Tidak ada satu pun dari 5 pasien di Colorado itu yang meninggal atau membutuhkan transplantasi hati akibat penyakit mereka.

Kendati demikian, 4 diantaranya saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Dikutip dari laman The Colorado Sun, Selasa (17/5/2022), CDPHE mengatakan bahwa kelima anak itu kini telah sembuh namun sedang dalam proses pemulihan.

Perlu diketahui, dari 5 kasus di Colorado, 1 diantaranya terjadi pada Desember 2021 dan dilaporkan ke CDC pada bulan lalu.

Sedangkan 4 kasus lainnya dilaporkan ke CDC selama beberapa pekan terakhir.

Terkait beberapa anak yang dirawat di Rumah Sakit Anak Colorado ini, seorang Ahli Penyakit Menular di rumah sakit itu,
Dr. Sam Dominguez menyampaikan bahwa tidak semua anak-anak tersebut mengalami sakit parah.

Namun terkadang perawatan intensif di rumah sakit diperlukan untuk menjaga agar kondisi mereka tidak memburuk.

Ia kemudian menambahkan, meskipun ada kekhawatiran terkait kemunculan kasus ini, namun masih dianggap jarang.

"Saya pikir ada banyak pertanyaan yang belum terjawab, dan kami masih dalam tahap awal mempelajari apa yang terjadi di sini," kata Dr. Dominguez.

Sementara itu, hanya 1 dari semua pasien hepatitis akut di Colorado yang dites positif adenovirus, virus umum yang menjadi pusat hipotesis utama penyebab kasus baru ini.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved