Konflik Rusia Vs Ukraina

Pemerintah Inggris: Kota Mariupol Ukraina Berada dalam Risiko Wabah Kolera

Inggris memperingatkan bahwa Mariupol di Ukraina berada dalam risiko wabah kolera besar. Penyakit disebabkan oleh sampah dan mayat yang membusuk.

AFP/STRINGER
Pemandangan kota Mariupol pada 2 Juni 2022, di tengah aksi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina. - Mariupol terancam wabah kolera karena banyaknya sampah dan mayat yang membusuk. 

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Kementerian pertahanan Inggris mengatakan, kota pelabuhan Mariupol di Ukraina berada dalam risiko wabah kolera besar.

Diketahui, Mariupol dihancurkan oleh penembakan oleh tentara Rusia selama berminggu-minggu.

Banyak infrastruktur kota rusak atau hancur dan air telah bercampur dengan limbah, menurut PBB, sebagaimana dilansir BBC.

Kolera biasanya ditularkan dari makan atau minum makanan atau air yang terkontaminasi dan terkait erat dengan sanitasi yang buruk.

Baca juga: Tingkatkan Kerja Sama, Rusia dan China Resmikan Jembatan Lintas Batas

Baca juga: Militer Ukraina Hampir Kehabisan Amunisi dalam Perang Lawan Rusia, Satu Hari Pakai 6.000 Peluru

Mayat dan sampah yang tidak dikumpulkan menambah kondisi yang tidak sehat.

Dilaporkan sebelumnya, terdapat wabah penyakit di Mariupol dan kasus terisolasi telah dilaporkan dalam sebulan terakhir.

Walikota kota Ukraina, Vadym Boychenko mengatakan kepada BBC Ukraina bahwa "kolera, disentri dan penyakit menular lainnya sudah ada di kota", dan kota itu telah ditutup untuk menghindari wabah yang lebih besar.

Klaim tersebut tidak dapat diverifikasi oleh BBC, dan walikota yang ditunjuk Rusia mengatakan pengujian rutin dilakukan dan tidak ada kasus kolera yang tercatat.

Kementerian Kesehatan Ukraina mengatakan pihaknya memiliki akses terbatas ke informasi dari Mariupol, tetapi telah melakukan pengujian di wilayah yang dikuasai Ukraina dan tidak menemukan kasus apa pun.

Awal pekan ini, PBB mengatakan bahwa air telah bercampur dengan limbah di Mariupol, meningkatkan risiko wabah kolera.

Palang Merah telah memperingatkan bahwa penghancuran infrastruktur sanitasi telah menjadi dasar penyebaran penyakit yang ditularkan melalui air.

Kolera Jadi Penyakit Serius

Kolera bisa menjadi penyakit yang sangat serius.

Dalam kasus yang paling parah, jika tidak diobati, penyakit ini dapat membunuh dalam beberapa jam.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved