G20 di Indonesia

Menlu Rusia: Moskow Tidak Peduli tentang Zelensky Hadiri KTT G20 di Indonesia

Moskow menegaskan tidak peduli apakah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan menghadiri KTT G20 di Indonesia pada November mendatang.

The Moscow Times
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. Ia menegaskan tidak peduli apakah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky akan menghadiri KTT G20 di Indonesia pada November mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov menegaskan tidak peduli apakah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky akan menghadiri KTT G20 di Indonesia pada November mendatang.

"Zelensky adalah bagian tak terpisahkan dari pertemuan apapun sekarang," kata Lavrov pada konferensi pers setelah bertemu rekan-rekan dari negara Kaspia, Selasa (28/6/2022).

"Rupanya, dalam interval antara menerima instruksi dari Washington, dia dengan senang hati menyampaikan pidato yang penuh air mata, apapun formatnya," imbuhnya.

Baca juga: Jokowi Berangkat Menuju Ukraina Gunakan Kereta Khusus: Kami Mulai Misi Perdamaian dengan Niat Baik

"Rusia tidak peduli tentang apakah dia ada di suatu tempat di Bali," tegasnya dilansir TASS.

"Tapi kami selalu menghormati tindakan negara tuan rumah," katanya.

Lebih banyak sanksi untuk Rusia dibahas dalam pertemuan G7

Dikutip Al Jazeera, para pemimpin dunia yang tergabung dalam G7 sepakat untuk mengisolasi Rusia dan memberikan dukungan kepada Ukraina "selama yang diperlukan" dalam melawan invasi Moskow.

Dalam pernyataan final KTT G7 pada Selasa (28/6/2022), Kanada, Prancis, Jerman, Jepang, Italia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS), bersama dengan Uni Eropa (UE) menggarisbawahi niat mereka untuk memberikan sanksi ekonomi lebih luas bagi RUsia.

Langkah lebih luas juga disepakati anggota G7 untuk mebatasi pendapatan Kremlin dari penjualan minyak yang digunakan mendanai perang, yang telah memasuki bulan kelima.

Baca juga: Menlu: Presiden Minta Dukungan dan Kehadiran Semua Negara G7 di KTT G20

Presiden Joko Widodo berfoto bersama dengan para pemimpin negara-negara G7 pada KTT G7 yang digelar di Schloss Elmau, Jerman, pada Senin, 27 Juni 2022.
Presiden Joko Widodo berfoto bersama dengan para pemimpin negara-negara G7 pada KTT G7 yang digelar di Schloss Elmau, Jerman, pada Senin, 27 Juni 2022. (BPMI Setpres/Laily Rachev)

Para peserta G7 juga menyepakati larangan impor emas Rusia dan untuk meningkatkan bantuan ke negara-negara yang dilanda kekurangan pangan akibat penyumbatan pengiriman biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved