Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina

Diundang Jokowi ke G20, Zelensky Tak Akan Tinggalkan Ukraina Bila Masih Kondisi Perang

Jokowi mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk hadiri KTT G20 Indonesia. Zelensky tak akan tinggalkan Ukraina bila kondisi masih perang.

BPMI Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Jokowi juga mengundang Zelensky untuk menghadiri KTT G20 di Bali, November mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menerima undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri KTT G20 di Indonesia, November mendatang.

Zelensky mungkin hanya akan menghadiri G20 secara virtual bila kondisi negaranya masih perang, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Jokowi secara pribadi memberikan undangan kepada Zelensky, Rabu (29/6/2022) di Istana Mariyinsky, Kyiv, Ibu Kota Ukraina.

"Saya menyampaikan undangan kepada Presiden Zelensky untuk secara pribadi mengikuti KTT G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada November 2022."

"Sangat penting bagi semua negara untuk memperhatikan prinsip kedaulatan dan keutuhan wilayah,” kata Jokowi dalam konferensi pers. 

Baca juga: Jokowi Tawarkan untuk Bawa Pesan dari Zelensky ke Putin dalam Upaya Tingkatkan Harapan Perdamaian

Jokowi mengungkapkan perlunya perdamaian dalam menyelesaikan konflik Rusia dan Ukraina.

Jokowi akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Saya akan segera bertemu dengan Presiden Putin, dan saya juga akan menyampaikan keinginan kami untuk perdamaian kepadanya," kata Jokowi. 

Kata Pengamat Soal Kemungkinan Putin-Zelensky Hadiri G20

Sementara itu Pengamat Militer dan Keamanan, Connie Rahakundini Bakrie menilai Zelensky hampir dipastikan tidak akan datang di G20 Indonesia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved