Konflik Rusia Vs Ukraina

Misi Damaikan Rusia-Ukraina, Ini yang Akan Disampaikan Presiden Jokowi Kepada Putin Hari Ini

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pesan-pesan perdamaian kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin.

Editor: Hendra Gunawan
Via Kompas.TV
Presiden Joko Widodo akan menyampaikan poin-poin perdamaian saat bertemu dengan Vladimir Putin 30 Juni 2022. Sehari sebelumnya, Jokowi telah bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky(Sumber: Tangkapan layar konferensi pers Kemenlu RI) 

TRIBUNNEWS.COM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pesan-pesan perdamaian kepada pemimpin Rusia Vladimir Putin.

Jokowi dijadwalkan akan menemui dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari ini, Kamis (30/6/2022) di Moskow.

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Pertemuan ini untuk melakukan pembicaraan terkait upaya perdamaian dengan Rusia. BPMI Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Pertemuan ini untuk melakukan pembicaraan terkait upaya perdamaian dengan Rusia. BPMI Sekretariat Presiden/Laily Rachev (BPMI Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Saat Jokowi bertemu Putin, ia akan menyampaikan hasil pembicaraannya dengan Presiden Zelensky.

Pertemuan Jokowi dengan Putin ini sehari setelah pertemuannya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Baca juga: Menlu Retno Marsudi Matangkan Persiapan Jelang Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Zelenskyy

Jokowi diterima Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, pada Rabu, (29/6/2022).

Dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Jokowi menyampaikan misi kedatangannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," ujar Presiden.

Presiden menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah.

Meskipun masih sangat sulit dicapai, Presiden tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," imbuhnya.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved