Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak

Kronologis Penembakan Mantan PM Shinzo Abe, Penangkapan Pelaku Hingga Abe Dinyatakan Meninggal

Berikut kronologis penembakan terhadap mantan PM Jepang Shinzo Abe, penanganan aparat hingga Abe dinyatakan meninggal dunia pukul 17.05.

Editor: Dewi Agustina
Foto Richard Susilo
Mantan PM Jepang Shinzo Abe dalam keadaan tidak sadarkan diri ditandu ke dalam mobil ambulans, Jumat (8/7/2022) setelah tertembak sekitar jam 11.30 waktu Jepang. Shinzo Abe menghembuskan napas terakhirnya setelah sempat kristis dan menjalani perawatan intensif di rumah sakit. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (8/7/2022) sore pukul 17.05 waktu setempat.

Shinzo Abe menghembuskan napas terakhir setelah kritis akibat ditembak dan sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Shinzo Abe ditembak Jumat pagi saat sedang menyampaikan pidatonya dalam kampanye untuk anggota partainya di Kota Nara, Jepang.

Pelaku penembakan, Tetsuya Yamagami (41), seorang mantan anggota badan beladiri Marinir Jepang (MSDF) ditangkap tak lama setelah melakukan aksinya.

Baca juga: Shinzo Abe di Mata Vladimir Putin: Negarawan Luar Biasa, Ciptakan Hubungan Bertetangga yang Baik

Kepolisian Jepang mengungkap penembakan yang dilakukan Tetsuya Yamagami (41) terhadap mantan PM Jepang Shinzo Abe karena dendam terkait kelompok agama tertentu di Jepang.

"Pelaku Tetsuya Yamagami punya dendam kepada Shinzo Abe terkait dengan kelompok agama yang berafiliasi ke Korea," ungkap sumber Tribunnews.com.

Menurut rumor yang beredar, di masa lalu Shinzo Abe juga ikut membantu kelompok keagamaan tersebut meskipun tak ada bukti kuat hingga saat ini.

"Tetsuya Yamagami terseret isu tersebut sehingga menjadi dendam kepada Abe," kata sumber itu.

"Namun kalau kami melihatnya kuncinya adalah kesulitan hidup Yamagami lalu dipicu dengan rasa dendam ke bidang kelompok agama yang diisukan didukung oleh Abe," tambahnya.

Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved