Konflik Rusia Vs Ukraina

Diincar Akan Dibajak oleh Militer Ukraina, Ini Kemampuan Jet Tempur Su-34 dan Tu-22M Rusia

Rusia mengklaim telah membongkar aksi spionase negara Barat dan Ukraina yang akan membajak dua jenis pesawat mutakhir mereka.

Editor: Hendra Gunawan
Wikipedia
Pesawat Su-34 dan Tu-22M Rusia. 

TRIBUNNEWS.COM – Rusia mengklaim telah membongkar aksi spionase negara Barat dan Ukraina yang akan membajak dua jenis pesawat mutakhir mereka.

Badan Keamanan Rahasia Rusia (FSB) mengungkap operasi spionase yang diduga melibatkan seorang 'penyelidik utama Rusia' bersama pilot Rusia yang mau membelot ke pihak Ukraina demi mendapatkan uang dalam jumlah yang sangat besar.

Dua jenis pesawat tersebut adalah jet tempur andalan Moskow yang bisa digunakan dalam peperangan jarak jauh, selain daya jelajahnya ribuan kilo meter juga bisa memuat banyak amunisi bahkan senjata nuklir.

Baca juga: Ini Plot Spion Ukraina dan Barat Membajak Pesawat Canggih Rusia, Pilot Ditawari Uang dan Wanita

Militer Ukraina disebut-sebut mendambakan dua armada perang yaitu Su-34 dan Tu-22M.

Bagaimana kehebatan dua pesawat tersebut? Berikut spek jet tempur milik Rusia ini diambil dar Wikipedia:

1. Su-34

Sukhoi Su-34 adalah jet tempur bermesin kembar, dengan kursi kembar 9dua awak), yang bisa dioperasikan dalam segala cuaca supersonik jarak menengah tempur-pembom/pesawat serang.

Pesawat ini pertama kali terbang pada tahun 1990, ditujukan untuk Angkatan Udara Soviet, dan mulai beroperasi pada tahun 2014 dengan Angkatan Udara Rusia.

Su-34 dikembangkan berdasarkan pesawat tempur superioritas udara Sukhoi Su-27 Flanker, Su-34 memiliki kokpit lapis baja untuk tempat duduk berdampingan dari dua orang awaknya

Dirancang terutama untuk penyebaran taktis terhadap target darat dan laut (peran pemboman/serangan taktis/interdiksi, termasuk terhadap target kecil dan bergerak) pada misi solo dan kelompok di siang dan malam hari, di bawah kondisi cuaca yang menguntungkan dan merugikan dan di lingkungan yang tidak bersahabat dengan tindakan balasan kontra-api dan peperangan elektronik (EW) yang dikerahkan, serta untuk pengintaian udara.

Pesawat jet Su-34  milik Rusia yang diplot akan dibajak oleh militer Ukraina
Pesawat jet Su-34 milik Rusia yang diplot akan dibajak oleh militer Ukraina (Wikipedia)
Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved