Breaking News:

Konflik Rusia Vs Ukraina

Ukraina Hancurkan Jembatan di Kherson, Pasukan Pendudukan Rusia Kini Terisolasi

Pasukan pendudukan Rusia di Kota Kherson terancam terisolasi setelah jembatan penghubung dihancurkan pasukan Ukraina menggunakan HIMARS dari AS.

Planet Labs via CNN
Tiga helikopter Rusia di Bandara Internasional Kherson diledakkan militer Ukraina, Selasa (15/3/2022). Dalam citra satelit yang dirilis Planet Labs, kepulan asap terlihat membumbung. - Pasukan pendudukan Rusia di Kota Kherson terancam terisolasi setelah jembatan penghubung dihancurkan pasukan Ukraina menggunakan HIMARS dari AS. 

TRIBUNNEWS.COM - Ukraina dilaporkan berhasil menghancurkan jembatan penting menuju Kota Kherson yang diduduki pasukan Rusia.

Jembatan kunci penghubung ke kota di selatan Ukraina ini disebut tidak berfungsi setelah dibombardir dengan roket jarak jauh pasokan Amerika Serikat (AS).

Menurut pejabat pertahanan Inggris, kota itu sekarang hampir terputus dari wilayah pendudukan Rusia lainnya.

Kherson yang terletak di sebelah barat Sungai Dnipro, merupakan kota pertama yang jatuh ke tangan pasukan Rusia di awal perang.

Dilansir BBC, pasukan Ukraina menembaki Jembatan Antonivskiy menggunakan sistem roket HIMARS pada Selasa (26/7/2022) lalu. 

Ini mengakibatkan sarana penyeberangan itu tidak bisa digunakan sama sekali, merujuk informasi dari sumber-sumber militer Barat.

Baca juga: Rusia Cekik Aliran Gas Lebih Kecil Lagi Setelah Uni Eropa Kampanyekan Penghematan Energi

Baca juga: Siapkan Serangan Besar-besaran, Ukraina Bertekad Kherson Kembali ke Pangkuan Kyiv

Hanya reruntuhan yang tersisa dari jembatan sepanjang setengah mil itu.

Jembatan Antonivskiy merupakan salah satu dari dua rute utama yang membentang di Sungai Dnipro, yang sama-sama telah diserang.

Jembatan ini vital bagi pasukan Rusia untuk mengirim pasokan dari sisi barat sungai.

Namun dengan kondisi ini, Kherson yang diduduki berisiko terisolasi dari pasukan pendudukan Rusia lainnya.

Sumber militer menggambarkan Kherson sebagai wilayah pendudukan penting bagi Rusia, dan kehilangannya akan merusak upaya Moskow menggambarkan pendudukan sebagai sebuah keberhasilan.

Dalam pembaruan intelijen harian, pejabat pertahanan Inggris mengatakan serangan balasan Ukraina di wilayah itu "mengumpulkan momentum".

Menurut informasi ini, pasukan Kyiv "kemungkinan telah membangun jembatan di selatan Sungai Ingulets, yang membentuk batas utara Kherson yang diduduki Rusia".

"(Moskow sekarang) memindahkan jumlah maksimum pasukan ke arah Kherson," kata Oleksiy Danilov, sekretaris Dewan Keamanan Nasional Ukraina, pada Rabu (27/7/2022) malam.

Pasukan Ukraina menggempur Novaya Kakhovka, sebuah kota di wilayah Kherson Ukraina yang dikendalikan oleh pasukan Rusia.
Pasukan Ukraina menggempur Novaya Kakhovka, sebuah kota di wilayah Kherson Ukraina yang dikendalikan oleh pasukan Rusia. - Pasukan pendudukan Rusia di Kota Kherson terancam terisolasi setelah jembatan penghubung dihancurkan pasukan Ukraina menggunakan HIMARS dari AS. (Media Sosial/TASS/RIA Novosti)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved