Breaking News:

Virus Corona

Ahli Medis Peringatkan Covid-19 Sub-Varian Baru Omicron Paling Menular dan Mampu Lawan Kekebalan

Dr Chandima Jeewandara menjelaskan bahwa sub-varian Omicron BA.5 merupakan jenis virus corona yang paling menular.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
NATIONAL INSTITUTE OF INFECTIOUS DISEASES/VIA KYODO/JAPAN TIMES
Varian omicron dari coronavirus seperti hasil pengamatan dari mikroskop. Dr Chandima Jeewandara menjelaskan bahwa sub-varian Omicron BA.5 merupakan jenis virus corona yang paling menular. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, COLOMBO - Direktur Departemen Imunologi dan Kedokteran Molekuler di Sri Jayewardenepura Sri Lanka, Dr Chandima Jeewandara mengungkapkan bahwa sub-varian Omicron BA.5 merupakan jenis virus corona yang paling menular dan paling menghindari kekebalan yang belum diidentifikasi.

Dikutip dari laman www.dailymirror.lk, Sabtu (30/7/2022), dalam sebuah cuitannya di Twitter, Dr Chandima Jeewandara menambahkan bahwa jumlah kasus rawat inap kemungkinan akan terus mengalami peningkatan di negara itu karena munculnya gelombang BA.5 saat ini.

"BA.5 memiliki mutasi kunci L452R yang sama dengan varian Delta. Kita semua tahu apa yang terjadi ketika Delta ada di sini bersama kita," cuit Dr Jeewandara.

Baca juga: Gejala Omicron BA.2.75 atau Omicron Centaurus, Subvarian Baru yang jadi Perhatian WHO

Dr Chandima Jeewandara juga memperingatkan warga Sri Lanka untuk segera mendapatkan dosis tambahan (booster) vaksin virus corona (Covid-19).

Tidak hanya itu, Dr Chandima Jeewandara meminta agar pemakaian masker tetap diterapkan, setidaknya saat berada di dalam ruangan.

Ia turut mengingatkan agar warga Sri Lanka melakukan tes Covid-19 jika mengalami gejala.

Karena dunia saat ini sedang mengalami salah satu gelombang pandemi Covod-19 terbesar yang dipicu oleh munculnya sub-varian Omicron BA.5.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved