Nancy Pelosi Kunjungan ke Asia

Dua Kapal Induk China Tinggalkan Pangkalan Jelang Nancy Pelosi ke Taiwan, AS Siagakan 4 Kapal Perang

Situasi semakin memanas menjelang kunjungan Nancy Pelosi, ke Taiwan. Empat kapal perang AS, termasuk satu kapal induk disiagakan.

Kolase Tribunnews
Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi (kiri) dan Gugus Tugas Kapal Induk China. 

TRIBUNNEWS.COM, TAIPE - Suasana di Laut China memanas jelang kedatangan Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan.

Amerika menyiagakan 1 Kapal Induk dan empat kapal perang di perairan sebelah timur wilayah Taiwan. Itu belum termasuk kapal selam yang biasa mengawal gugus tugas Kapal Induk Amerika.

Nancy Pelosi sendiri dikabarkan akan tiba di Taiwan pada Selasa malam (2/8/2022) waktu setempat, meski belum ada konfirmasi resmi terkait hal ini.

Bagaimana dengan China? Meski tidak ada konfirmasi resmi dari Beijing, dua kapal induk Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dilaporkan telah bergerak dari dermaga pangkalan AL.

Dikutip dari situs GlobalTimes, Kapal induk Liaoning pada hari Minggu kemarin memulai perjalanan dari pelabuhan asalnya di Qingdao, Provinsi Shandong China Timur, dan kapal induk Shandong pada hari Senin berangkat dari pelabuhan asalnya di Sanya, Provinsi Hainan China Selatan.

Kapal perang lain yang juga ikut bergerak adalah kapal serbu amfibi Tipe 075, milik AL China.

Laporan ini juga diperkuat dengan citra satelit komersial asing yang diperoleh Global Times pada hari Selasa ini.

Satelit itu juga menunjukkan bahwa kapal induk Liaoning tidak berada di pelabuhan asalnya pada hari Minggu, kapal serbu amfibi Tipe 075 berlayar di Laut Cina Selatan pada hari Minggu, dan kapal induk Shandong sedang berlayar di Laut Cina Selatan pada hari Senin.

Baca juga: China Luncurkan Kapal Induk Ketiga Buatan dalam Negeri, Lebih Canggih dari Liaoning dan Shandong

Sebuah laporan oleh penyiar negara China Central Television (CCTV) pada hari Senin menunjukkan bahwa Liaoning sedang berlayar di laut ketika para pelaut di atas kapal merayakan Hari Angkatan Darat.
Xu Ying, pejabat eksekutif Shandong, mengatakan dalam laporan CCTV terpisah pada hari Senin bahwa Shandong sedang melakukan misi pelatihan reguler pada saat itu.

Masih belum diketahui apakah pergerakan kapal induk Angkatan Laut China itu terkait dengan kedatangan Pelosi.

Namun di sisi lain, Angkatan Laut AS menggunakan kapal induknya untuk menunjukkan pencegahan kemungkinan terburuk terjadi di kawasan Taiwan.

4 Kapal Perang 1 Kapal Induk

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengerahkan empat kapal perang AS, termasuk sebuah kapal induk, di perairan timur Taiwan, saat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi dikabarkan menuju ke Taipei hari ini, Selasa (2/8/2022).

Seorang pejabat Angkatan Laut AS mengonfirmasi kapal induk USS Ronald Reagan telah transit di Laut Cina Selatan dan saat ini berada di Laut Filipina, di sebelah timur Taiwan dan Filipina.

Baca juga: Nancy Pelosi Kunjungi Taipei, Empat Kapal Perang Angkatan Laut AS Merapat ke Taiwan

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved