Nancy Pelosi Kunjungan ke Asia

China Tangguhkan Sejumlah Kerja Sama dengan Amerika, Imbas Kedatangan Nancy Pelosi ke Taiwan

Tindakan balasan China kepada Amerika tersebut merupakan beragam penangguhan kerja sama kedua negara.

AFP/HANDOUT
Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kiri) melambai di samping Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Kantor Kepresidenan di Taipei. Kementerian Luar Negeri China mengumumkan tindakan balasan terhadap Washington pada hari ini Jumat (5/8/2022) sebagai tanggapan atas kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan. 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Kementerian Luar Negeri China mengumumkan tindakan balasan terhadap Washington pada hari ini Jumat (5/8/2022) sebagai tanggapan atas kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan.

Tindakan balasan China kepada Amerika tersebut merupakan beragam penangguhan kerja sama kedua negara.

"Tindakan balasan China kepada AS antara lain penangguhan pembicaraan perubahan iklim, menangguhkan dialog bidang militer hingga menangguhkan kerja sama dalam repatriasi imigran ilegal, bantuan hukum dalam masalah kriminal dan memerangi kejahatan transaksional," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying seperti dikutip dari CNN.

Baca juga: Nancy Pelosi Kritik Keras China yang Meluncurkan Rudal Balistik ke ZEE Jepang

Selain itu, China juga menangguhkan kerja sama anti-narkoba dengan AS.

Kementerian Luar Negeri China juga mengatakan akan menangguhkan pembicaraan perubahan iklim, bidang kerja sama utama meskipun ketegangan meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Langkah itu dilakukan setelah Beijing mengumumkan bahwa mereka akan memberikan sanksi kepada Pelosi dan juga AS atas kunjungan ke Taiwan.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri China mengutuk kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan yang mengatakan bahwa pejalanan tersebut mencampuri urusan dalam negeri China.

"Ketua DPR AS Nancy Pelosi bersikeras mengunjungi Taiwan dengan mengabaikan keprihatinan serius dan oposisi tegas China, secara serius mencampuri urusan dalam negeri China, secara serius merusak kedaulatan dan integritas teritorial China, secara serius menginjak-injak prinsip satu China, dan secara serius mengancam perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri China.

Baca juga: Tiba di Tokyo, Pelosi akan Lakukan Pertemuan dengan Pejabat Jepang

"Menanggapi tindakan provokatif Pelosi, China telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada Pelosi dan AS," kata pernyataan itu.

Nancy Pelosi Datangi Taiwan

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved