Konflik Rusia Vs Ukraina

Konflik Rusia-Ukraina: Zaporizhzhia Gelar Referendum Gabung Rusia hingga Senjata Antipesawat Jerman

Dengan konflik yang masih bergulir, Kota Zaporizhzhia yang diduduki berencana gabung Rusia hingga Ukraina dapat senjata antipesawat dari Jerman.

AFP/EMRE CAYLAK
Pengungsi dari Mariupol terlihat setibanya di tempat parkir pusat perbelanjaan di pinggiran kota Zaporizhzhia, yang sekarang menjadi pusat pendaftaran pengungsi, pada 16 Maret 2022.- Dengan konflik yang masih bergulir, Kota Zaporizhzhia yang diduduki berencana gabung Rusia hingga Ukraina dapat senjata antipesawat dari Jerman. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah perkembangan terkini konflik Rusia dan Ukraina.

Pejabat di Kota Zaporizhzhia, Ukraina selatan akan menggelar referendum untuk bergabung dengan negara Rusia.

Dilansir Guardian, media Rusia RIA Novosti melaporkan, kepala wilayah Zaporizhia yang dipilih Kremlin telah menandatangani dekrit yang mengizinkan referendum untuk bergabung dengan Rusia pada Senin (8/8/2022).

Keputusan ini terjadi setelah Kementerian Pertahanan Rusia menuduh Ukraina menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia pada Minggu (7/8/2022) kemarin.

PLTN Zaporizhzhia adalah pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa.

Serangan itu mengakibatkan saluran listrik tegangan tinggi rusak, sehingga pembangkit tersebut harus mengurangi outputnya.

Baca juga: Ukraina Tuduh Rusia di Balik Penembakan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia

Dalam pengarahan harian, Kemenhan Rusia mengatakan Ukraina telah menembaki pembangkit listrik itu sekira pukul 12.40 malam dari posisi di dekat Kota Marhanets.

Penembakan itu merusak saluran listrik tegangan tinggi yang memasok listrik ke wilayah Zaporizhzhia dan Kherson di Ukraina selatan.

Dua kota itu sebagian besar wilayahnya berada di bawah kekuasaan Rusia.

Lonjakan listrik juga terjadi sebagai akibat dari penembakan itu, kata Moskow, yang memicu sistem keamanan yang memutus pasokan listrik.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved