Seoul Dilanda Banjir Imbas Cuaca Terburuk Dalam 80 Tahun Terakhir, Delapan Orang Dilaporkan Tewas

Seoul terendam banjir setelah hujan deras mengguyur pada Senin (8/8/2022) malam, menyebabkan pemadaman listrik di seluruh kota

Channel News Asia
Banjir di Seoul, Korea Selatan, Senin (8/8/2022). Sedikitnya dilaporkan delapan orang tewas dan 14 lainnya luka-luka saat banjir yang diakibatkan oleh hujan lebat yang melanda ibu kota Korea Selatan, Seoul. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Sedikitnya dilaporkan delapan orang tewas dan 14 lainnya luka-luka saat banjir yang diakibatkan oleh hujan lebat yang melanda ibu kota Korea Selatan, Seoul.

Seoul terendam banjir setelah hujan deras mengguyur pada Senin (8/8/2022) malam, menyebabkan pemadaman listrik di seluruh kota dan air memenuhi stasiun kereta bawah tanah.

Gambar-gambar yang beredar di media sosial menunjukkan air memenuhi tangga stasiun kereta bawah tanah, mobil-mobil yang terparkir terendam hingga menyentuh jendela, serta orang-orang menyeberang jalan dengan air setinggi lutut.

Baca juga: Banjir di Seoul, Maudy Ayunda Kabarkan Kondisinya dan Jesse Choi, Berharap Tak Turun Hujan Lagi

Berikut ini informasi mengenai banjir yang melanda Kota Seoul, yang dilansir dari BBC :

1. Hujan Terderas dalam 80 tahun

Badan Meteorologi Korea Selatan (KMA) mengungkapkan beberapa daerah telah menerima tingkat curah hujan tertinggi dalam 80 tahun. Diperkirakan hujan akan berlanjut selama beberapa hari.

Bagian selatan kota Seoul menerima curah hujan di atas 100 milimeter per jam pada Senin malam, bahkan distrik Dongjak, Seoul menerima curah hujan hingga 141,5 milimeter per jam.

2. Setidaknya 163 orang kehilangan tempat tinggal

Lebih dari 163 orang di Seoul kehilangan tempat tinggal dan mengungsi ke sekolah serta fasilitas umum.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memerintahkan pejabat pemerintah setempat untuk mengevakuasi penduduk di daerah berisiko tinggi.

Baca juga: POPULER Internasional: Banjir di Seoul | Lalu Lintas Udara di Taiwan Berangsur Normal

3. Tiga korban tewas tenggelam di apartemen "Parasite"

Tiga korban banjir Seoul yang meninggal dunia adalah kakak beradik perempuan berusia 40-an, dan putri salah satunya yang berusia 13 tahun.

Mereka telah tinggal di apartemen tersebut kurang lebih 10 tahun. Apartemen mereka masih dikepung genangan air dan sisa-sisa banjir pada Selasa (9/8/2022) malam.

Tempat tinggal mereka mirip dengan apartemen yang ada di film Korea Selatan peraih piala Oscar, Parasite. Dalam film tersebut dibuka dengan adegan sebuah keluarga yang berusaha membuang air dari rumah mereka saat hujan deras turun.

Halaman
12
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved