BBC

Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa tiba di Bangkok, tiga minggu setelah presiden baru disumpah

Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa tiba di Bangkok dengan menggunakan pesawat carter dari Singapura setelah kabur dari negaranya,

Mantan Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa tiba di Bangkok dengan menggunakan pesawat carter dari Singapura dan diperkirakan akan tinggal di negara itu sampai batas waktu yang diizinkan selama tiga bulan.

Rajapasa melarikan diri dari Sri Lanka pada 14 Juli lalu ke Singapura di tengah unjuk rasa besar di negaranya akibat krisis ekonomi.

Pemerintah Thailand mengatakan Rajapaksa tidak bermaksud meminta suaka politik dan hanya akan tinggal sementara.

Menteri Luar Negeri Thailand, Don Pramudwinai mengatakan pemerintah Sri Lanka mendukung langkah Rajapaksa ke Thailand dan paspor diplomat mantan presiden itu memungkinkannya tinggal di sana selama 90 hari.

Rajapaksa belum tampil di depan umum sejak lari dari Sri Lanka.

Pada tanggal 21 Juli lalu, Ranil Wickremesinghe diambil sumpahnya sebagai presiden, di tengah harapan dia mampu menyelamatkan negaranya dari krisis ekonomi.

Satu hari setelah dilantik, pasukan keamanan menyerbu kubu demonstran anti-pemerintah di ibu kota Kolombo dan menahan sejumlah pengunjuk rasa serta merubuhkan tenda-tenda.

Ratusan tentara dan polisi menyerbu para demonstran di luar kantor presiden, tak lama sebelum mereka akan membubarkan diri.

Seorang wartawan video BBC dipukul oleh tentara, telepon diambil dan videonya dihapus.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved