Breaking News:

Konflik Rusia Vs Ukraina

Perang di Ukraina Buat Ekonomi Rusia Mengalami Kontraksi pada Kuartal Kedua Tahun Ini

ekonomi Rusia yang sempat meningkat pesat pada awal tahun 2022 mengalami kontraksi selama kuartal kedua tahun ini

DW.com
Presiden Rusia Vladimir Putin. Perang di Ukraina menyebabkan ekonomi Rusia mundur empat tahun setelah Moskow mulai menyerang Kyiv. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Perang di Ukraina menyebabkan ekonomi Rusia mundur empat tahun setelah Moskow mulai menyerang Kyiv.

Serangan itu telah menempatkan ekonomi Moskow ke jalur penurunan terpanjang yang pernah tercatat dalam sejarah.

Melansir dari Al Jazeera, Sabtu (13/8/2022), ekonomi Rusia yang sempat meningkat pesat pada awal tahun 2022 mengalami kontraksi selama kuartal kedua tahun ini.

Baca juga: Rusia-Ukraina Saling Tuding atas Insiden Penembakan di PLTN Zaporizhzhia  

Data yang diterbitkan pada hari Jumat (12/8/2022) lalu menunjukkan produk domestik bruto (PDB) menyusut hingga 4 persen secara tahunan.

Sanksi internasional yang diterima Rusia telah mengejutkan perdagangan dan membuat industri seperti manufaktur mobil lumpuh, sementara daya beli konsumen terus naik.

Walaupun penurunan ekonomi Rusia sejauh ini tidak secepat dari yang diperkirakan sebelumnya, bank sentral negara ini telah memprediksi kemerosotan akan semakin parah di kuartal-kuartal selanjutnya, dan diperkirakan akan mencapai rekor terendahnya pada paruh pertama tahun 2023.

"Perekonomian akan bergerak menuju keseimbangan jangka panjang yang baru. Ketika ekonomi mengalami restrukturisasi, pertumbuhannya akan berlanjut," ujar Deputi Gubernur Bank of Russia, Alexey Zabotkin.

Baca juga: Jajak Pendapat: Kepercayaan Publik Rusia terhadap Vladimir Putin Lampaui 81 Persen

Bank Sentral Rusia bergerak untuk menahan gejolak di pasar keuangan dan mata uang rubel, dengan mengontrol modal dan kenaikan tajam suku bunga. 

Sementara stimulus fiskal dan putaran pelonggaran kebijakan moneter yang berulang dalam beberapa bulan terakhir telah dimulai, sehingga meminimalisir dampak sanksi internasional.

Ekstraksi minyak telah pulih dan pengeluaran konsumen rumah tangga menunjukkan tanda-tanda yang stabil.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved