Breaking News:

China dan Taiwan Memanas

Amerika Serikat Bakal Tingkatkan Perdagangan dengan Taiwan Melalui Jalur Laut dan Udara

Amerika Serikat (AS) berencana meningkatkan perdagangannya dengan Taiwan sebagai tanggapan atas perilaku provokatif China ke Taipei.

AFP/HANDOUT
Selebaran ini diambil dan dirilis oleh Kantor Kepresidenan Taiwan pada 3 Agustus 2022 menunjukkan Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kiri) berdiri dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Kantor Kepresidenan di Taipei. AS berencana meningkatkan perdagangannya dengan Taiwan sebagai tanggapan atas perilaku provokatif China ke Taipei. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, TAIPEI – Amerika Serikat (AS) berencana meningkatkan perdagangannya dengan Taiwan sebagai tanggapan atas perilaku provokatif China ke Taipei.

Dalam upaya meningkatkan perdagangannya dengan Taiwan, Amerika akan menggunakan jalur udara dan laut.

“Meskipun ada ketegangan, pasukan AS akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana hukum internasional mengizinkan, konsisten dengan komitmen lama kami terhadap kebebasan navigasi,” kata Kurt Campbell, koordinator Gedung Putih untuk masalah Asia-Pasifik.

Baca juga: Delegasi AS Kunjungi Taiwan Bertemu Presiden Tsai Ing-we, Bahas soal Keamanan hingga Investasi

“Itu termasuk melakukan transit udara dan laut melalui Selat Taiwan dalam beberapa minggu ke depan,” imbuhnya.

Dilansir dari Aljazeera, Senin (15/8/2022) Campbell tidak mengonfirmasi penempatan seperti apa yang akan dilakukan untuk mendukung manuver tersebut, dengan mengatakan bahwa dia tidak memiliki informasi tentang sifat penyeberangan atau pengaturan waktu melintasi Selat Taiwan.

Dia lalu menambahkan bahwa Washington akan mengumumkan 'peta jalan ambisius' untuk hubungan ekonomi yang lebih dalam dengan Taiwan.

Latihan militer terbesar yang pernah ada

Sebelumnya, Beijing telah mengadakan latihan militer skala besar sembari menuduh AS melawan kebijakan resminya di China dan Taiwan.

Taiwan kemudian menuduh China yang menggunakan kunjungan ketua DPR AS Nancy Pelosi sebagai alasan untuk memulai latihan yang disebut Taipei sebagai persiapan untuk invasi.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved